Kulonprogonews's

Beranda » Kesehatan » Yusoanah Sepakat Berdamai Dengan Puskesmas II Pengasih

Yusoanah Sepakat Berdamai Dengan Puskesmas II Pengasih

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

Follow Kulonprogonews's on WordPress.com

KULONPROGO- Permasalahan antara Puskesmas II Pengasih dengan Yusroanah(26), pasien hamil yang mendapatkan pelayanan kasar dari petugas adimnistrasi akhirnya dimediasi oleh Dinas Kesehatan Kulonprogo. Keduanya sepakat untuk berdamai dan menjadikan permasalahan yang terjadi sebagai bahan untuk melakukan perbaikan pelayanan.

Mediasi yang dilaksanakan di Kantor Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo, Rabu(10/10) siang ini dihadiri oleh perwakilan pasien, Sudarji, Yusroanah dan Sunarto, Kepala Puskesmas II Pengasih Susilo Pradyarto, petugas kasir yang menarik uang, Kasmini, perwakilan PKBI Hesti Maemunah, serta Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo Bambang Haryatno.

Setelah dimediasi, akhirnya Yusroanah dan Kasmini sepakat untuk saling memaafkan. Keduanya kemudian berpelukan dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi.

Perwakilan dari keluarga Yusroanah, Sudarji mengatakan pihaknya tidak akan membawa permasalahan yang dialami oleh Yusroanah ke jalur hukum. Pihak keluarga sepakat untuk menyelesaikan permalahan yang ada dengan cara kekeluargaan.”Setelah berunding dengan pihak keluarga, kami sepakat untuk menyelesaikan permasalahan ini dengan kekeluargaan,”katanya di sela-sela mediasi.

Dirinya berharap, permasalahan pelayanan puskesmas yang dialami oleh Yusroanah menjadi yang terakhir yang tidak terjadi lagi di lain waktu. Permasalahan ini dijadikan sebagai bahan untuk perbaikan-perbaikan sehingga masyarakat bisa mendapatkan pelayanan yang maksimal.

Akibat perlakuan yang tidak sopan karena cara berbicara yang dilakukan oleh petugas puskesmas, kata Sudarji, Yusroanah berserta keluarganya menjadi trauma untuk berobat ke puskesmas. Selain itu juga menanggung malu karena dianggap tidak mampu membayar uang pengobatan. Untuk itu, dengan adanya permasalahan ini diharapkan Dinas Kesehatan untuk melakukan perbaikan pelayanan terutama terhadap penempatan pegawai yang berhadapan langsung dengan warga masyarakat.

“Kami hanya ingin permasalahan ini dijadikan sebagai bahan untuk perbaikan. Jangan sampai permasalahan tersebut terulang kembali,”ucapnya.

Sementara itu, Yusroanah sendiri mengaku masih trauma dengan perlakukan yang dilakukan oleh pegawai Puskesmas. Dirinya takut untuk berobat ke puskesmas karena khawatir akan mendapatkan perlakukan kasar kembali

“Saya masih trauma untuk berobat ke puskesmas,”ucapnya singkat.

Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo, Bambang Haryatno mengungkapkan, pihaknya sudah menginstruksikan kepada seluruh jajaran Puskemas di Kulonprogo untuk melakukan perbaikan pelayanan kepada pasien. Masih-masing kepada puskemas dihimbau untuk melakukan sosialisasi kepada seluruh pegawai mengenai pemberian pelayanan yang baik kepada pasien. Selain itu juga melakukan reposisi pegawai sehingga nantinya tidak terjadi permasalahan yang serupa.

“Saya sudah minta kepada seluruh kepala puskesmas untuk menempatkan orang-orang yang bisa memberikan pelayanan maskimal di bagian-bagian yang berhadapan langsung dengan warga,”ucapnya.

Permasalahan yang muncul ini, lanjut Bambang akan dijadikan sebagai bahan perbaikan pelayanan di bidang kesehatan. Dinas Kesehatan memiliki komitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada warga masyarakat.

Sedangkan terkait dengan biaya pengobatan, Bambang menegaskan, semua pelayanan kesehatan di puskesmas gratis bagi warga Kulonprogo. Pasien hanya perlu menunjukkan KTP Kulonprogo saja . “Pelayanan di puskesmas gratis, hanya perlu menunjukkan KTP saja,”pungkasnya,(genk)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: