Kulonprogonews's

Beranda » Budaya » Arswendo Atmowiloto : Gaga(p) Lady Gaga

Arswendo Atmowiloto : Gaga(p) Lady Gaga

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

Follow Kulonprogonews's on WordPress.com

KULON PROGO – Budayawan Arswendo Atmowiloto melihat adanya gagap budaya jelang kehadiran Lady Gaga ke Indonesia para awal Juni mendatang. Ternyata masih ada saja yang mencampuradukkan antara seni, budaya dan agama sehingga semakin tidak jelas tolak ukur larangan Lady Gaga ke Indonesia.

Arswendo menjelaskan, tafisiran seperti ini yang merugikan bangsa Indonesia sehingga pilihan dilakukan atas dasar suka dan tidaknya seseorang atau kelompok tertentu. Menjadi ruwet ketika aparat justru takut terhadap tekanan dari pihak tertentu yang menolak kehadiran Lady Gaga.

“Secara budaya kita menjadi gagap ketika Lady Gaga datang ke Indonesia atau kegagapan itu karena tidak memiliki rumusan yang jelas sehingga Lady Gaga kena cekal,” jelasnya.

Menurut Arswendo, sudah terlalu banyak pihak yang tumpang-tindih sehingga semuanya ingin diatur sesuai kepentingan kelompok tertentu. Atas masukan dari kelompok tertentu, aparat keamanan menolak suatu konser, bukan didasarkan atas ketidaklengkapan penyelenggaraan sebuah event atau menjaga keamanan selama berlangsung konser musik.

“Apakah perlu ada aturan khusus yang mengatur tentang layak tidaknya seorang artis luar negeri jika mau manggung di Indonesia,” ujarnya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Agus Kencrot Pelaku Seni asal Yogyakarta. Menurutnya, penolakan Lady Gaga di Indonesia bisa memberi dampak negatif bagi artis lain yang hendak konser. Secara seni pertunjukan mampu memberikan warna tersendiri, sedangkan dari sisi ekonomi jelas memberikan pendapatan bagi para pencari nafkah disekitar tempat pertunjukan berlangsung.

“Lebih banyak orang tertolong dengan kehadiran Lady Gaga ke Indonesia,” ungkap Kencrot. Bagi Kencrot sapaan akrab sehari-hari, biarkan moral seseorang diurus oleh dirinya sendiri. (ntk)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: