Kulonprogonews's

Beranda » Budaya » Kulonprogo KLB Hepatitis A

Kulonprogo KLB Hepatitis A

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

Follow Kulonprogonews's on WordPress.com

YOGYAKARTA – Memasuki awal 2012, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta dilanda serangan wabah penyakit. Warga di lima kecamatan di wilayah utara terserang penyakit Hepatitis A. Sedangkan di Kecamatan Kokap yang berbatasan dengan kabupaten Purworejo Jawa Tengah, diserang penyakit malaria.

Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo telah menentapkan kejadian hepatitis A sebagai kejadian luar biasa (KLB). Sedangkan untuk kasus malaria masih akan menunggu hasil uji laboratorium terhadap sampel darah. Jika memang hasilnya positip, tidak tertutup kemungkinan akan kembali menetapkan Malaria sebagai KLB.

Baru minggu ini Hepatitis A kita tetapkan sebagai KLB,” jelas Hasto di kepatihan Yogyakarta kemarin.

Lima kecamatan yang dilanda Hepatitis A terjadi di Kecamatan Kalibawang, Samigaluh, Nanggulan, Samigaluh dan di Lendah. Kasus terbanyak terjadi di Kecamatan Kalibawang yang merata di empat desa. Setidaknya ada sekitar 50 kasus.

Menurut Hasti keputusan menetapkan KLB Hepatitis A, mendasar atas kasusnya yang meningkat tajam. Pada tahun lalu kasusnya tidak sebanyak ini. Apalagi pada bulan yang sama, nyaris temuan sangat minim. Terlebih kawasan tersebut cukup dikenal sebagai daerah endemis.

Kasus Hepatis A ini, muncul karena Perilaku Hidup Bersih
dan Sehat masyarakatnya masih rendah. Untuk itulah penanganan lebih diprioritaskan untuk berperilaku hidup bersih. Termasuk melakukan pencegahan dengan menjaga kebersihan lingkungan.

“Kalau ada gejala mata kuning dan kencingnya berwarna seperti air the, segeralah periksa ke puskesmas. Pelayanan di sana gratis,” jelas dokter spesialis kandungan ini.

Bupati yang baru menjabat empat bulan ini, menandaskan penyakit Hepatitis A tidak sebahaya Hepatitis B. Penyakit ini tidak akan menyerang liver berat. Penderita cukup istirahat dengan mendapatkan aspuran yang cukup akan sebut. Namun yang tidak kalah penting bagaimana menjaga dan berpola hidup sehat.

Masyarakat disarankan untuk berhati-hati dalam menjaga hubungan dengan penderita. Misalnya menghindari sendok, piring dan gelas dalam satu rumah. Jika perlu air dan sumur diberikan Clhorin agar birus mati.

Pengelola Data Seksi Survailens Dinas Kesehatan Kabupaten Kulonprogo Vesti Dwi Indraswati, mengatakan kasus Hepatitis A terbanyak di Kecamatan Kalibawang dengan 50 kasus. Disusul Nanggulan dengan  18 kasus, Samigaluh 16 kasus, Girimulyo 9 kasus dan Lendah satu kasus.

Dinas sendiri telah melakukan beberapa upaya untuk mengendalikan. Diantaranya melakukan sosialisasi kepada warga dis etiap jenjang. Mulai dari puskemsas, polindes sampai dengan posyandu.

“Berbeda dengan malaria, Hepatitis ini tidak ada vectornya,” jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan DIY Sarminto mengatakan KLB Hepatitis ini sudah ditangani oleh Dinas Kesehatan Kulonprogo. Dinas Provinsi siap membantu jika memang mereka tidak mampu. Namun pada penanganan ini lebih difokuskan terhadap pola hidup sehat di masyarakat.(fiz)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: