Kulonprogonews's

Beranda » Kesehatan » 32 Warga Hargotirto Terserang Wabah Malaria

32 Warga Hargotirto Terserang Wabah Malaria

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

Follow Kulonprogonews's on WordPress.com

KULONPROGO – Puluhan warga Desa Hargotirto Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo mulai terserang penyakit malaria. Sulitnya medan menuju puskesmas terdekat membuat para penderita hanya terbaring di rumahnya. l

Penyakit malaria yang menyerang warga sudah terjadi sejak sepuluh hari lalu, sedikitnya tercatat 32 warga terserang penyakit malaria jenis tropika yang disebabkan oleh nyamuk anopheles aconitus.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kulon Progo, kasus penyakit malaria ini tersebar di 11 dusun, yaitu Dusun Nganti dan Tirto 15 penderita, Menguri, Sungapan dan Segajih 8 penderita, Dusun Keji, Sebatang, Sungapan ada 5 penderita, serta Dusun Soropati, Crangah dan Teganing masing-masing 1 penderita.

”Tengkuk terasa tegang, kaki berat digerakan, demam, kedinginan serta muntah-muntah,” ungkap Sumarni. Selama ini tak diperiksakan kemana-mana hanya memanggil mantri puskesmas katanya malaria.

Kepala Seksi Pemberantasan Penyakit Menular (P2M) Dinas Kesehatan Kulon Progo Slamet Riyanto menegaskan, pihaknya akan melakukan pencegahan dan segera melakukan langkah antisipasi antara lain melakukan mass bood survey (MBS). ”Pemerikasaan warga akan dilakukansecara masal diikuti proses pengobatan,” tambahnya.

Warga dihimbau untuk meningkatkan kebersihan lingkungan, melaksanakan pola hidup sehat serta melakukan pemberantasan sarang nyamuk. ”Jika sudah merasakan gejala sakit malaria yang diawali suhu badan tinggi dan kepala pusing diharapkan segera memeriksakan ke petugas kesehatan,” jelas Slamet.

Penyebaran penyakit malaria di Kulon progo mengalami peningkatan yang tinggi selama 2011. Sampai bulan Desember 2011, total kasus malaria telah mencapai 92 buah, meningkat 65,2 persen dari tahun lalu yang hanya 32 kasus. (ntk)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: