Kulonprogonews's

Beranda » Ekonomi » KKP Kembangkan Industri Perikanan DIY

KKP Kembangkan Industri Perikanan DIY

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

Follow Kulonprogonews's on WordPress.com

YOGYAKARTA – Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) bertekad untuk mengembangkan industrialisasi perikanan, melalui peningkatan produksi, daya saing dan pemasaran hasil perikanan. Program ini diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, khususnya para nelayan.

Menteri Kelautan dan perikanan Sharif Cicip Sutarjo mengatakan industrialisasi perikanan merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Sebab lebih dari 30 persen nelayan di Indonesia hidup dalam garis kemiskinan. Konsep ini dirasakan sangat tepat untuk memaksimalkan mata rantai perikanan dari hulu sampai dengan hilir.

Program yang akan dilakukan adalah meningkaykan produksi perikanan tangkap melalui pengadaan kapal berukuran besar, peningkatan produksi perikanan budidaya, industri olahan ikan melalui UMKM dan pengembangan industri pendukung.

“Program ini akan meletakkan pelaku perikanan dan kelautan menjadi subjek untuk meningkatkan nilai tambah pelaku usaha perikanan,” jelas Cicip saat menyerahkan bantuan sarana pengolahan dan pemasaran perikanan dari Kementrian Kelautan dan perikanan kepada Pemprov DIY, di Kepatihan, kemarin.

Keberadaan UMKM, kata dia akan menjadi kekuatan tersendiri dalam menjaga mata rantai ini. Nantinya ikan segar akan menjadi keunggulan komoditas tersendiri di kancah global. Sebab potensi perikanan masih cukup besar dan belum tergarap optimal. Para apelaku juga akan melakukan usaha pengolahan hasil, agar memiliki nilai tambah. Dari sinilah, pelaku akan memiliki kekuatan tersendiri di dalam pasar.

“Sibergotas antara pusat, pemda dan swasta akan menjadi kunci peningkatan daya saing ini,” jelasnya.

Kementrian KKP sendiri akan melakukan lobi agar SILPA senilai Rp 40 triliun bisa diraih untuk perbaikan sarana pendukung. Nantinya KKP akan berkoordinasi dengan Kementrian Pekerjaan Umum, untuk menyelesikan pembangunan pelabuhan di DIY.

Kepala Pusat Data Statistik dan Informasi KKP,Yulistyo Mudho mengatakan total bantuan yang diserahkan kepada pemprov DIY senilai Rp11,587 miliar. Ini merupakan bantuan di bidang pengelolaan pemasaran dalam konteks industrialisasi usaha pengolahan rakyat skala UMKM. Dari total ini, untuk provinsi DIY dialokasikan Rp4,57 miliar, Kabupaten Bantul Rp1,177 miliar, Kulonprogo Rp2,622 miliar, Gunungkidul Rp2,481 miliar dan Sleman Rp730,13 juta.

Sarana paket yang disrahkan diantaranya berupa mobil alih teknologi dan informasi Gemarikan, mobil box berpendingin, sarana pemasaran bergerak roda tiga, paket pembangunan pabrik es, paket pembangunan depo pasar ikan, peralatan sistem rantai dingin, dan paket peralatan pembuatan produk olahan dan paket peralatan kemasan skala kecil.

“Sarana dan paket ini untuk meningkatkan usaha kelompok pengolah dan pemasaran ikan,” jelasnya. Sebelumnya bantuan juga telah diserahkan kepada Pemprov Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Sementara itu gubernur DIY Sultan Hamengkubuwono mengatakan potensi perikanan di selatan DIY masih cukup besar. Kualitas ikan juga lebih segara dibanding ikan tangkapa nelayan utara Jawa. Potensi ini harus dikembangkan mulai dari sekarang. Apalagi tanah di DIY semakin smepit dan kehidupan semakin sulit.

“Pintu laut ini memiliki potensi untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat,”tutur Sultan.

Untuk itulah masyarakat harus bisa melakukan inovasi dan kreatif dalam melakukan pengolahan ikan. Jika ini berhasil dipastikan masayrakat akan lebih sejahtera.

“Peralatan yang ada harus digunakan dengan baik,” pesan Sultan. Dalam kesempatan ini juga ditandatangani prasastio pembanguan pabrik es di Kulonprogo oleh menteri disaksikan gubernur dan wakil bupati Kulonprogo. (fiz)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: