Kulonprogonews's

Beranda » Ekonomi » Papan reklame di Karangnongko Bermasalah

Papan reklame di Karangnongko Bermasalah

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

Follow Kulonprogonews's on WordPress.com

KULONPROGO —Pemasangan sebuah papan reklame di kawasan simpang lima Karangnongko, Wates diprotes dari warga yang tinggal tepat berada di bawahnya.

Agustinus Buntoro, warga Jl. Brigjen Katamso 73, Wates, mengeluhkan papan reklame tersebut didirikan tanpa mendapatkan izin dari masyarakat yang secara langsung terdampak oleh keberadaan reklame tersebut.

Menurut dia, pada Kamis (10/11) lalu, dirinya sempat didatangi oleh dua orang yang mengaku anggota Sat Brimob Sentolo. Salah satu dari mereka kemudian mengaku sebagai kerabat dari iBest, salah satu perusahaan advertising yang berencana memasang papan reklame di sebelah selatan rumahnya itu. ”Ketika mereka bilang besarnya baliho mencapai 10 meter, saya kemudian tidak sepakat,” ujarnya.

Setelah itu, lanjut dia, kedua orang tersebut kemudian beralih kepada tetangga yang berada di samping rumahnya. ”Kalau ternyata mereka deal, saya tidak tahu menahu. Itu kan urusan mereka,” akunya.

Agustinus mengaku terkejut pada Jumat pagi (11/11) papan reklame tersebut telah terpasang di lokasi yang sebelumnya ia tolak. ”Tapi karena saya tidak tega melihat para pekerja pemasangnya. Saya biarkan saja dulu,” kata dia.

Tak mau tinggal diam, Senin (14/11), ia pun melaporkan hal tersebut kepada pihak Kantor Pelayanan Terpadu (KPT) Kulonprogo. ”Dari situlah saya tahu, ternyata memang benar. Papan reklame itu tak berizin,” ujarnya.

Tak hanya itu, ternyata papan reklame itu juga menyalahi aturan tata letak. Berdasar pantauan langsung di lapangan, posisi papan reklame tersebut menutupi Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU). Bahkan LPJU tersebut dimanfaatkan sebagai penerang papan reklame. Di atas LPJU tersebut oleh pihak Ibest Advertising ditambah besi sepanjang dua meter agar bisa dipakai untuk menerangi papan reklame tersebut.

Menyikapi hal ini, Nasip, Plt Kasie Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) mengaku belum melihat sendiri kondisi papan reklame bermasalah itu. ”Kami akan melakukan pengecekan setelah ini. Kalau memang seperti itu, sudah seharusnya segera ditindak. Jelas ini merugikan kami,” ujarnya.

Terpisah, Edi Suprayitno, Kasie PAD Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Kulonprogo mengaku jengah dengan perusahaan advertising nakal. Menurut dia, tidak ada pilihan lain selain merobohkan papan reklame yang bermasalah. ”Termasuk yang ada di Karangnongko itu,” tegasnya. (hrj)


1 Komentar

  1. sudiono mengatakan:

    MANA TINDAKANNYA WAHAI PEMERINTAH,..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: