Kulonprogonews's

Beranda » Ekonomi » Ditemukan 171 Kasus Cacing Hati Hewan Kurban

Ditemukan 171 Kasus Cacing Hati Hewan Kurban

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

Follow Kulonprogonews's on WordPress.com

KULONPROGO – Selama pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, Dinas Kelautan Perikanan  dan Peternakan (Diskepenak) Kabupaten Kulonprogo menemukan 171 kasus cacing hati dari 2552 ekor ternak yang disembelih di 12 kecamatan. Sebagian besar hewan ternak yang terjangkit penyakit cacing hati adalah sapi, sejumlah 160 ekor, dan kambing 11 ekor.

Menurut Kepala Bidang Kesehatan Hewan Diskepenak Kulonprogo, drh Endang Purwadiningrum, kasus hewan kurban yang terjangkit cacing hati meningkat dari tahun lalu. Hal ini diduga dipengaruhi keengganan masyarakat melakukan pencegahan maupun pengobatan ternak memakai obat cacing.

“Padahal cacing dapat dibasmi dengan memberikan pengobatan secara rutin menggunakan obat cacing,” tegasnya, Selasa (8/11/2011), di Kulonprogo.

Endang berharap masyarakat lebih memperhatikan kesehatan ternaknya sehingga kasus cacing hati bisa ditekan, bahkan tidak terjadi lagi. Peningkatan kesehatan ternak bisa dilakukan dengan pemberian obat cacing secara rutin dua kali setahun. Selain itu juga memperhatikan kebersihan makanan hijauan, yaitu tidak basah dan dikeringkan dengan cahaya matahari supaya cacing-cacing yang menempel pada daun menjadi mati. (tbn/yk)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: