Kulonprogonews's

Beranda » Ekonomi » Dayung Terbalik Akibat Angin Kencang

Dayung Terbalik Akibat Angin Kencang

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

Follow Kulonprogonews's on WordPress.com

KULONPROGO – Tak sedikit peserta lomba dayung terbalik perahunya di Wisata Air Waduk Sermo Kabupaten Kulonprogo. Tiupan angin kencang di atas permukaan air membuat perahu terombang-ambing sehingga peserta tak mampu mengendalikannya. Dari beberapa nomer yang telah dimulai, kabupaten Bantul mendominasi perlombaan cabang olahraga dayung dalam Pesta Olah Raga Propinsi (PORPROP) DIY.

Sejak esok hari, puluhan atlit dayung dari 4 Kabupaten Kota Yogyakarta telah mempersiapkan diri dalam laga cabang olahraga dayung di waduk sermo Kulonprogo. Para kontingen mencari tempat pemberangkatan dari lokasi berbeda agar atlitnya mampu pemanasan jelang nomernya diperlombakan.

Beberapa peserta sudah mulai memasukkan kayak dan kanonya ke dalam air, sementara para pendukung kontingen sudah siap berada di pinggir waduk untuk memberikan semangat kepada rekannya yang akan bertanding. Terdengar sirine panjang berbunyi, maka satu nomer perlombaan diberangkatkan menuju garis finish. Sorak-sorai pendukung dan masyarakat yang menonton membuat cabor dayung menjadi menarik untuk ditonton sepanjang hari.

Atlet yang bertanding di cabor dayung tercatat 165 orang, mereka berasal dari kontingen Kulonprogo, Sleman, Bantul dan Kota Yogyakarta. Kabupaten Gunungkidul tidak mengirimkan atletnya karena alasan non teknis.

Cabor dayung terbagi menjadi sembilan kelas, di antaranya, jarak tempuh 1.000 meter untuk kelas kayak 1 orang (putra/putri), kayak 2 orang (putra/putri), kayak 4 orang (putra/putri), kano(ci) putra dan dragon boat (putra/putri). medali yang diperebutkan yakni 9 emas, 9 perak, dan 9 perunggu.

Menurut Zaelani Ketua Pengurus Daerah (Pengda) Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) DIY, Waduk Sermo sengaja dipilih menjadi venue cabang olahraga dayung porprop XI-2011 karena dinilai paling memenuhi syarat untuk menggelar pertandingan dibandingkan lokasi lainnya.

“Tuan rumah penyelenggara porprop tahun ini adalah sleman namun khusus untuk dayung dilaksanakan di waduk sermo kulonprogo,” tambahnya.

Desi Septianingsih peserta kayak dari Kulonprogo mengungkapkan, perahu terbalik akibat tiupan angin yang kuat saat baru melaju beberapa meter dari garis start. bersama rekannya heti wulansari, sudah dua kali berusaha untuk bangkit tapi tetap gagal.

“Kami kurang latihan karena persiapannya hanya diberi dua minggu,” ujarnya.

Tak sedikit peserta harus tumbang ditengah perjalanan menuju garis finish. Tim SAR yang berada tak jauh dari lokasi keberangkatan peserta langsung memacu perahu karet menjemput peserta lomba yang terbalik perahunya. Baik kayak maupun atlit langsung dievakuasi ke pinggir waduk agar tak mengganggu peserta lain melanjutkan perlombaan. Kabupaten Bantul sementara unggul di kelas kayak perorangan dan pasangan baik putra maupun putri. (ntk)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: