Kulonprogonews's

Beranda » Budaya » 7 Sisir Buah Pisang Keluar dari Batangnya

7 Sisir Buah Pisang Keluar dari Batangnya

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

Follow Kulonprogonews's on WordPress.com

KULONPROGO – Jika buah pisang biasanya keluar dan tumbuh dari ujung pohon, berbeda dengan pohon pisang milik Warno Diharjo warga Dusun Jogahan, Desa Bumirejo, Kecamatan Lendah Kabupaten Kulonprogo. 7 sisir buah pisang menembuh pelepahnya dan  tumbuh dari tengah-tengah batang pohon.

Tiga hari belakangan ini, halaman rumah Warno Diharjo terus didatangi warga dari desa sekitar. Mereka datang bukan untuk melakukan silaturahmi, melainkan melihat langsung keanehan di pekarangan rumahnya. Pada umumnya, pohon pisang mengeluarkan jantung, buah hingga sisir pisang dari ujung pohon, sedangkan  milik warno, muncul dari tengah-tengah batang pohon pisang dan terus membesar.

Pohon pisang jenis raja bandung ini baru berumur 9 bulan dengan tinggi mencapai 3 meter. Kpohon ini baru warno ketahui seminggu lalu saat menyapu halaman rumah. Keanehan pohong pisang baru menyebar beberapa hari lalu dan menjadi tontonan warga sekitar.

Jika dilihat dari dekat, 7 sisir buah pisang sebesar ibu jari orang dewasa terlihat muncul di tengah batang pohon pisang. Warno sekeluarga belum pernah mencoba satu pun buah pisang miliknya karena masih terlalu ranum. Untuk melindungi agar pohon pisang tidak rusak, warga setempat membuat pagar agar penonton tidak mendekat, dan memegang buahnya.

Warno Diharjo menuturkan, bibit pohon pisang ia dapatkan dari para petani sekitar sehingga tak muncul kecurigaan akan terjadi keanehan pada pohon pisang yang ditanamnya.

“Tak ada firasat khusus yang dirasakan hanya keinginan terus membersihkan halaman rumah sampai ia menemukan keanehan di salah satu pohon pisangnya,” lanjutnya.

Menurut Siti Hartini tetangga sebelah, langsung bergegas menuju ke kebun tetangganya setelah mendengar kabar pohon pisang tumbuh aneh. Siti sudah mencoba membeli dari pemiliknya namun tetap ditolak. Rasa penasarannya pun hanya dapat diungkapan dengan menatap dari jarak 3 meter diluar pagar bambu.

Selain buah pisang muncul dari tengah-tengah batang, pohon pisang yang masih berumur 9 bulan ini pun sudah mengeluarkan tunas. Keluarga Warno  sepakat untuk tidak menjual tanaman pisang anehnya kepada orang lain agar tidak disalahgunakan. Jika buahnya sudah matang, maka akan dibagi-bagikan kepada tetangga terdekat. (ntk)

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: