Kulonprogonews's

Beranda » Pariwisata » Puluhan Lampu Gantung Unik Telah Dipasang

Puluhan Lampu Gantung Unik Telah Dipasang

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

Follow Kulonprogonews's on WordPress.com

YOGYAKARTA – Resepsi pernikahan GKR Bendara dengan KPH Yudanegara di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta akan dilaksanakan pada Selasa (18/10) mulai pukul 19.00 WIB sampai dengan pukul 21.00 WIB. Pemerintah Provinsi (pemprov) DIY, secara khusus telah menyiapkan lampu penerangan. Dijamin pesta Royal Wedding akan berjalan dalam suasana terang benderang dalam balutan suasana Jawa.

Bangsal Kepatihan yang akan dijadikan lokasi untuk resepsi ini memiliki luasan yang cukup memadai. Ruangan ini memiliki panjang dan lebar sekitar 40 meter. Panitia sendiri akan memasang tenda di sisi kanan, kiri dan depan.

Kepala Biro Umum, Humas dan Protokol, Sigit Haryanto mengatakan renovasi bangsal ini sudah selesai dilaksanakan. Pihak rekanan telah menyerahkan proyek perbaikan pada Jumat (7/10) lalu. Renovasi ini meliputi bangunan bangsal, Gedung wilis, Gadri, dan beberapa bagian lain. Khusus untuk lantai bangsal telah dislep agar lantainya lebih halus.

Panggung utama akan menghadap keselatan dengan ditambahi panggung. Panggung akan dibuat lebih tinggi dari tempat tempak Beksan (tarian) Lawung Ageng. Dengan tata letak ini, dipastikan tamu undangan akan bisa melihat prosesi resepsi.

“Pemasangan panggung dan perlengkapan lain, akan dilakukan maksimal sehari sbeelum resepsi,” jelasnya.

Menurutnya, di Bangsal Kepatihan ini ada puluhan lampu gantung yang sudah disiapkan. Satu deret ada sekitar tiga atau empat lampu, dengan model lampu kuno. Satu lampu utama akan dipasang pada sisi tengah, dengan sinarnya yang cukup terang.

Pemprov, telah memperbaiki seluruh lampu yang ada. Beberapa lampu yang telah mati diganti dan diperbaiki. Begitu pula dengan lampu lama, dibersihkan dan dicuci.

“Semua lampu sudah siap, itu satu paket dengan renovasi atap,” tambahnya.

Tamu undangan nantinya akan masuk melalui dua pintu yang dipersiapkan. Pintu utama dari arah barat dan pintu alternatif dari arah timur. Dua pintu ini akan disiapkan untuk menghindari kemacetan. Seluruh lampu penerangan di kedua jalan juga sudah menyala. Sejumlah lampu taman yang tidak berfungsi diganti dengan yang baru.

“Semua lampu disepanjang jalan masuk juga kita perbaiki dan diganti,” jelasnya.

Sementara itu, kedua pengantin pada Sabtu (8/10) lalu Nyekar (ziarah) ke makan kakek dan keluarganya di makam raja-raja Mataram di Imogiri. GKR Bendara datang bersama dengan KPH Yudangera diantar beberapa kerabatnya. Jeng Reni panggilan akrab GKR Bendara menggunakan kebaya tangkepan, sedangkan Yudanegara menggunakan baju pranakan.

“Rencananya besok (hari ini) akan ziarah ke makam ayah saya di Jakarta,” ujarnya Yudanegara yang memiliki nama asli Achmad Ubaidillah.

Yudanagera berada di Yogyakarta selama tiga hari kemarin. Mereka juga mengikuti rangkaian peringatan Hari jadi Kota Yogyakarta dengan bersepeda dari Kraton menuju Tugu Yogyakarta. Hari ini Ubay, akan kembali ke Jakarta untuk melaksanakan tugas di Setwapres. Sedangkan untuk pernikahan akan mengambil cuti mulai Jumat (14/10) sampai dengan Rabu (20/10) mendatang. Menjelang pernikahan ini yudanagera diwajibkan nyantrik di kraton sesuai adat jawa. (fiz)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: