Kulonprogonews's

Beranda » Ekonomi » Rela Antri Berjam-jam Demi Dua Jerigen Air Bersih

Rela Antri Berjam-jam Demi Dua Jerigen Air Bersih

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

Follow Kulonprogonews's on WordPress.com

KULONPROGO –  Melihat kedatangan truk droping air bersih, warga Dusun Plampang 1 Desa Kalirejo Kecamatan Kokap Kabupaten Kulonprogo langsung berlarian mendekati bak penampungan. Droping air bersih yang dilakukan oleh PMI Kulonprogo tidak dipungut biaya sepeser pun.

Palang Merah Indonesia (PMI) Kulonprogo mengambil air bersih dari mata air Tuk Mudal yang terletak di desa Karangsari Kecamatan Pengasih. Salah satu lokasi mata air yang tidak pernah kering sepanjang tahun.

Setelah menyusuri jalan bebatuan dan mengintari perbukitan Menoreh, akhirnya sampai juga di Dusun Plampang 1 Desa Kalirejo Kecamatan Kokap. Tangki air disambut panas terik matahari dan angin kering bercampur debu tanah.

Warga yang telah menunggu selama 3 jam lebih langsung berlarian membawa jeringan dan ember setelah melihat kedatangan tangki air PMI Kulonprogo berhenti di bak penampungan warga. Dalam sekejap, antrian jerigen terlihat berjajar rapi dibawah keran air. Tangki mampu membawa 5.000 liter air dalam sekali perjalanan, cukup untuk mengisi penuh dua bak penampungan air warga.

Menurut Suyem warga plampang 1, setelah mata air desa setempat kering warga harus berjalan kaki menyusuri sungai mencari air bersih untuk minum dan mandi. “Mengetahui ada bantuan droping air, warga rela berjam-jam untuk mendapatkan jatah air bersih sebanyak dua jerigen,” ujarnya.

Sunariswanto Petugas PMI Kulonprogo mengatakan, palang merah indonesia tidak memungut uang dari warga yang membutuhkan air bersih karena sudah dibiayai oleh pmi pusat. “PMI akan melakukan droping air ke lokasi yang belum tersentuh oleh pdam maupun instansi lain di pemkab kulon progo,” lanjutnya.

Droping air bersih akan terus dilakukan oleh pmi kulon progo ke desa-desa yang membutuhkan air bersih. Dalam sepekan ke depan, pmi telah menerima permintaan droping air bersih di 12 desa dari empat kecamatan yang termasuk daerah kekurangan air bersih, yaitu Kecamatan Girimulyo, Samigaluh, Pengasih, Kokap dan Lendah. (ntk)

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: