Kulonprogonews's

Beranda » Pemerintahan » Kulonprogo Terapkan Lima Hari Kerja

Kulonprogo Terapkan Lima Hari Kerja

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

Follow Kulonprogonews's on WordPress.com

*Ujicoba Dianggap Berhasil

KULONPROGO – Pemerintah Kabupaten (pemkab) Kulonprogo telah berhasil melaksanakan ujicoba sistem lima hari kerja. Sistem ini mampu meningkatkan kinerja dan produktivitas PNS. Untuk itulah, program lima hari kerja akan dilaksanakan terus.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kulonprogo, Budi Wibowo mengatakan ujicoba ini sebenarnya sudah selesai pada bulan Desember silam. Saat itu dilakukan evaluasi atas semua permasalahan yang ada untuk dilaporkan ke Provinsi. Ternyata penerapan ini mampu mendongkrak produktivitas dan menghasilkan efisiensi anggaran.

”Provinsi telah menyetujui dan program ini akan jalan terus,” jelasnya.

Menurutnya, hasil penilaian positif adalah kemampuan dalam menekan efisiensi biaya rutin. Baik itu biaya, listrik, air, telepon maupun bahan bakar. Selain itu PNS juga mampu memberikan kontribusi positif dalam menyelesaikan beban tugas yang ada.

Khusus unit pelayanan, tetap menggunakan sistem lama yakni enam hari kerja. Pelayanan sangat dibutuhkan masyarakat, khususnya berkaitan dengan pelayanan kesehatan, pendidikan maupun unit kerja sosial lain.

”Program ini tetap akan terus dievaluasi agar ada perbaikan,” jelasnya.

Kepala Badan kepegawaian Daerah (BKD) Kulonprogo Djulistyo mengatakan selama masa ujicoba semenjak Juni 2010 BKD terus melakukan pemantauan dan monitoring. Diantaranya masalah absensi dan kehadiran pegawai yang cukup bagus. Apalagi sistem absensi menggunakan sidik jari yang tidak bisa diwakilkan.

”Absensinya bagus, Cuma kadang terkendala teknis,” jelasnya.

Sebelumnya, Bagian Organisasi Sekda Kulonprogo pernah melakukan evaluasi awal dengan membagikan kuesioner kepada sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Hasilnya, sekitar 67 persen responden mendukung penerapan lima hari kerja. Sedangkan sekitar 27 persen tidak mendukung dan sisanya tidak berpendapat atau netral.(fiz)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: