Kulonprogonews's

Beranda » Ekonomi » Bak Penampung Air Tegowanu Tak Berfungsi

Bak Penampung Air Tegowanu Tak Berfungsi

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

Follow Kulonprogonews's on WordPress.com

SENTOLO –  Warga pedukuhan Tegowanu Desa Kaliagung Sentolo, merupakan salah satu pedukuhan yang termasuk sulit mendapatkan air bersih. Di pedukuhan tersebut sebenarnya pemerintah telah membangunkan sebuah bak penampungan air.

Namun sejak delapan tahun dibangun belum memberikan manfaat bagi warga sekitar. Marjuki salah seorang warga setempaty saat ditemui wartawan mengaku musim keraing tahun 2011 ini sangat dirasakan dirinya serta masyarakat sekitarnya.  “Kami berusaha menggali sumur, dengan kedalam lebih 15 meter, ternyata belum keluar airnya” keluhnya.


Sementara untryuk memperoleh air bersih diantara mereka ada yang terpaksa harus berjalan sekitar 1 km, ketetangga mereka. Merupakan usaha yang cukup payah bagi warga setempat.

Direktur PDAM Kulonprogo Jumantoro SE ketika dikonfirmasi masalah bak penampugnan air yang kurang berfungsi tersebut menjelaskan, di atas Bukit Jrangking tersebut memag ada dua bak penampungan air.

“ Bak pertama dibangun dan dikelola oleh PDAM Kulonprogo. Sedangkan yang satu lagi yang kurang berfungsi dibangun oleh Dinas PU DIY untuk membantu masyarakat setempat. Dan pengelolaanya diserhkan kepada masyarakat setempat” ujar Jumantoro.

Dijelaskan, karena dari DPU Provinsi diserahkan kepada desa, maka PDAM tidak dapat beruat apa apa terhadap bak tersebut. Namun demikian bukan berarti bak tersebut untuk seterusnya tidak dapat dimanfaatkan.
“ Sebenarnya bak dapat didaya gunakan. Kemarin kami sedang melakukan pendekatan kepada desa, agar desa menyerahkan bak tersebut kepada Pak Bupati.

Atau bisa juga lansung ke PDAM, nanti akan kami fungsikan” katanya. Menurut Jumantoro, utuk memfungsikan bak yang kurang bermanfaat tersebut secara tehnis tidak ada masalah. “ Saya  kira bisa dimanfaatkan dijadikan satu jaringan dengan jaringan PDAM. Tetapi tanpa ada penyerahan kami akan kesalahan bila menggunakannya” ujarnya. (Swi)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: