Kulonprogonews's

Beranda » Budaya » HUT RI, Rutan Wates berikan remisi kepada 11 narapidana

HUT RI, Rutan Wates berikan remisi kepada 11 narapidana

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

Follow Kulonprogonews's on WordPress.com

WATES – Peringati HUT Kemerdekaan RI ke-66, Rumah Tahanan (Rutan) klas IIB Wates berikan remisi kepada 11 narapidana.

Menurut Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Wates, Joko Sulistyo, secara terperinci dari 11 narapidana yang menerima remisi, sebanyak 10 narapidana mendapat remisi umum I dan remisi umum II diberikan kepada seorang  narapidana.

“Remisi 1 bulan untuk 5 napi, 2 bulan kepada 4 napi dan 4 bulan untuk 1 napi,” katanya, Rabu (17/8).

Joko mengatakan, bahkan dari 11 ornag tersebut salah satunya adalah mantan Kepala Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo, Saryono, yang pada Oktober 2010 lalu di vonis tiga tahun karena kasus korupsi dana kas desa dan Lembaga Keuangan Mikro (LKM).

“Salah satunya yang bersangkutan,” ujarnya.

Remisi diberikan secara langsung oleh Bupati Kulon Progo Toyo S. Dipo dengan memberikan surat remisi secara simbolis serta melepas baju seragam narapidana kepada salah seorang narapidana.

Dalam sambutan Menteri Hukum dan HAM, Patrialis Akbar yang dibacakan Bupati Toyo, pemerintah memberikan apresiasi berupa pengurangan masa menjalani pidana (remisi) bagi mereka yang telah menunjukkan prestasi, dedikasi dan displin tinggi dalam mengikuti program pembinaan dari pemerintah, serta memenuhi persyaratan yang ditentukan, sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 12 tahun 1995 tentang Pemasyarakatan dan Keputusan Presiden Nomor 174 tahun 1999 tentang Remisi.

‘Harus kita pahami bahwa ketidaksejahteraan dalam arti ketidaksejahteraan fisik maupun psikhis, akan berdampak pada menurunnya kualitas kehidupan berbangsa dan bernegara. Dan salah satu bentuk rendahnya kualitas kehidupan berbangsa dan bernegara adalah tingginya tingkat pelanggaran hukum.,” ujarnya.

Sementara Kepala Rutan Wates, Siti Istiqaroh menambahkan saat ini jumlah penghuni Rutan Wates sebanyak 90 orang yang terdiri dari narapidana sebanyak 43 orang, tahanan sejumlah 47 orang,

“Untuk laki-laki ada 86 orang dan wanita 4 orang yang sebagian besar merupakan pelaku tindak kriminal pencurian, perzinahan, dan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT),” tuturnya. (Eha)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: