Kulonprogonews's

Beranda » Ekonomi » BPS Kulonprogo dibobol

BPS Kulonprogo dibobol

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

Follow Kulonprogonews's on WordPress.com

 

WATES: PENGASIH: Maling spesialis perkantoran kembali melakukan aksinya, kali ini Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Kulonprogo yang berada di Desa Margosari, Kecamatan Pengasih.

Akibat kejadian tersebut, setidaknya dua set komputer dan uang tunai senilai Rp10 juta berhasil dibawa kabur para pencuri yang diperkirakan masuk dengan mencongkel teralis pada jendela salah satu ruangan di kantor tersebut.

Menurut penuturan penjaga malam bernama Gatot Purwo Wiyono,25, dirinya mengetahui jika kantor yang dijaganya tersebut dibobol maling pada saat dorinya hendak bersih-bersih sekitar pukul 06.00 WIB.

Ketika sampai di ruang Tata Usaha, dirinya terkejut ketika melihat jendela ruangan tersebut sudah dalam keadaan terbuka dan isi kantor sudah acak-acakan.

“Saya baru mau bersih-bersih, begitu lihat ruangan ruang tata usaha koks sudah terbuka, melihat hal tersebut saya tidak berani masuk dan memilih untuk melapor ke Polisi

Gatot memperkirakan, para pencuri beraksi sekitar antara pukul 04.00 WIB hingga pukul 05.30 WIB, pasalnya Gatot mengaku sempat mengontrol keadaan kantor skeitar pukul 02.00 WIB dan dilanjutkan dengan makan sahur hingga sekitar pukul 04.00 WIB.

“Setelah itu saya baru tertidur dan bangun pukul 06.00 WIB,” ujarnya.

Menurut Kepala BPS Kulonprogo, Sugeng Purnomo, diperkirakan kerugian yang diderita akibat kejadian tersebut sekitar Rp20 juta yang terdiri dari dua set komputer dan uang tunai sekitar Rp10 juta.

“Uang yang hilang itu merupakan uang honor karyawan BPS yang belum kami serahkan. Untuk sementara kerugian diperkirakan sebanyak itu, tapi kami masih belum mengecek lebih detail lagi,” tuturnya.

Menurut Sugeng, selain kehilangan berupa material, pihaknya juga kehilangan data-data administrasi karena komputer yang ddicuri merupakan komputer yang biasa dipergunakan oleh Kasubag Tata Usaha BPS Kulonprogo.

“Datanya itu yabg sangat penting,” paparnya.

Sementara petugas kepolisian dari Polres Kulonprogo yang melakukan identifikasi memperkirakan para pencuri yang melakukan aksinya berjumlah lebih dari satu orang.

“Diperkirakan sekitar dua sampai tiga orang, yang pasti lebih dari satu,” kata Ka SPK III Polres Kulonprogo, Ipda Dwi Yulianto.

Ketika ditanyakan apakah aksi di BPS Kulonprogo ini berkaitan dengan aksi pencurian sebelumnya yang juga terjadi di wilayah yang sama, Ipda Dwi Yulianto belum dapat memastikan hal tersebut.

“Kami masih perlu lakukan penyelidikan lebih lanjut,” ungkapnya. (Eha)

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: