Kulonprogonews's

Beranda » Ekonomi » Petugas kembali temukan makanan tidak layak konsumsi

Petugas kembali temukan makanan tidak layak konsumsi

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

Follow Kulonprogonews's on WordPress.com

KULONPROGO – Petugas gabungan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perindustrian Perdagangan, Energi Sumber Daya Mineral (Disperindag dan ESDM) dan Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) kembali menemukan barang tidak layak konsumsi.

Dalam razia kali ini yang dilakukan di Pasar Sentolo, petugas gabungan menemukan puluhan makanan, susu dan obat yang telah kadaluarsa. Oleh petugas barang tidak layak konsumsi tersebut kemudian di sita untuk dihancurkan.

“Ada sekitar 41 produk yang kami amankan, dari jumlah itu sebagian besar adalah susu bubuk,” kata Kepala Seksi Penyidikan dan Penindakan Satpol PP Kulonprogo, Qomarul Hadi, Jumat (12/8).

Qomarul mengatakan, puluhan produk tersebut diamankan dari satu toko. Rata-rata produk tidak layak konsumsi tersebut telah habis masa kadaluarsanya sejak 2009 dan 2011 lalu.

“Parahnya, produuk-produk tersebut masih dipajang di etalase,” ujarnya.

Menurut Qomarul, saat petugas menemukan barang-barang tersebut, penjaga toko mengakui jika barang tersebut memang sudah lama tidak laku dan penjaga toko juga mengungkapkan jika barang tersebut baru saja mau dikembalikan ke distributornya.

Terpisah, Kepala Dinas Disperindag dan ESDM Kulonprogo, Djunianto Marsudi Utomo mengatakan, sebenarnya pihak dinas sudah berusaha untuk memfasilitasi pedagang jika ingin mengembalikan barang yang sudah kadaluarsa kepada ditributor dengan memberikan surat tertulis dengan catatan tidak lebih dari satu bulan.

“Jadi kami sebenarnya siap memfasilitasi hal tersebut, apabila pedagang khawatir ditributor menolaknya, ketimbang barang tersebut tetap dijual,” ujarnya.

Menurut Djunianto, jika para pedagang tidak berinisiatif untuk mengembalikan barangn dagangannya yang kadaluarsa kepada distributor, maka siap-siap barang tersebut disita oleh petugas.

Djunianto menambahkan, bahan makanan yang sudah kadaluarsa akan ditarik semua untuk dimusnahkan. Namun untuk bahan yang kadaluarsanya belum mencapai satu bulan, Disperindag dan ESDM siap untuk memberikan rekomedasi kepada pihak ditributor agar bisa ditukarkan.

Djunianto menambahkan, menjelang lebaran ini pihaknya bersama petugas gabungan akan meningkatkan razia makanan tidak layak konsumsi. Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat saat membeli bahan makanan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: