Kulonprogonews's

Beranda » Ekonomi » Pemkab Siapkan 250.000 Bibit Tanaman

Pemkab Siapkan 250.000 Bibit Tanaman

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

Follow Kulonprogonews's on WordPress.com

Gubernur DIY Sultan HB X Tanam Pohon Trembesi di Pesisir Pantai Congot

KULONPROGO –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo tengah menyiapkan sebanyak 250.000 batang bibit pohon untuk program Kebun Bibibt Rakyat (KBR).

Menurut Kasie Konservasi Bidang Kehutanan Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dispertahut) Kulonprogo, Basir Amri mengatakan, KBR merupakan langkah dari Pemkab Kulonprogo untuk melakukan konservasi dan penghijauan di Kulonprogo.

“Bibit tanaman tersebut nantinya akan dibagikan kepada 25 unit KBR yang ada di 12 kecamatan dan saat ini baru mulai tahap pengolahan tanah,” katanya, Rabu (10/8).

Selain tengah menyiapkan bibit tanaman untuk KBR, Balai Besar Daerah Aliran Sungai (BBDAS) juga memiliki program penanaman cemara laut dan udang seluas 101 hektar.

“Program 101 hektar penanaman cemara laut dan cemara udang itu meliputi tiga kecamatan yaitu Galur, Wates, dan Panjatan,” ujarnya.

Sementara pada musim kemarau ini, Kepala Bidang Kehutanan Dispertahut Kulonprogo, Herismoyo meminta masyarakat untuk waspada akan potensi terjadinya kebakaran hutan dengan tidak membakar sampah sembarangan.

Menurut Herismoyo, pada musim kemarau seperti sekarang, banyak dedaunan di hutan yang mengering dan rawan terjadi kebakaran jika masyarakat teledor saat membakar sampah terutama di lahan yang dekat dengan hutan.

“Dikhawatirkan api bisa merembet dan membakar pepohonan di hutan,” katanya.

Herismoyo menambahkan, pihaknya sendiri guna penanganan secara persuasif telah memiliki petugas mantri kehutanan dan perkebunan di setiap kecamatan yang akan menyampaikan himbauan tersebut kepada warga masyarakat.

Sementara untuk wilayah hutan yang rawan kebakaran ada pada daerah pegunungan dengan lereng-lereng terjal, seperti di Kecamatan Samigaluh dan Girimulyo.

Herismoyo memaparkan, di Kulonprogo setidaknya ada sekitar 18.000 ha yang tersebar di 12 kecamatan, sementara untuk luas hutan negara sekitar 1.037,5 ha.

“Terdiri dari hutan konservasi 181 ha di Hargowilis (Kokap), hutan lindung 254,9 ha di Hargowilis serta Sendangsari (Pengasih), dan hutan produksi 601,60 ha di Kalirejo, Hargomulyo, dan Hargorejo (Kokap),” tuturnya. (Eha)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: