Kulonprogonews's

Beranda » Ekonomi » Kenaikan Harga Sembako Wajar

Kenaikan Harga Sembako Wajar

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

Follow Kulonprogonews's on WordPress.com

*OP Jika Kenaikan 25%

KULONPROGO – Harga barang kebutuhan pokok di pasar tradisional di Kulonprogo sudah mulai merangkak naik.Hanya saja kenaikan masih wajar dan belum menghasilkan gejolak. Disperindag dan ESDM hanya akan melakukan operasi pasar, kalau kenaikan hingga 25%.

”Kenaikannya masih wajar dan belum perlu ada operasi pasar,” ujar Kepala Disperindag ESDM, Djunianto Marsudi Utomo.

Menurutnya, hasil dari pantauan yang ada kenaikan hanya beberapa persen saja. Kenaikan menjelang puasa selalu rutin terjadi. Begitu memasuki pertengahan hingga menjelang lebaran justru akan stabil.

Untuk harga beras saat ini mencapai Rp 6800 untuk jenis IR 1, gula pasir Rp 10.000 perkilogram, minyak goreng Rp Rp 9.900, telur ayam Rp 15.100, daging ayam Rp 25.000, daging sapi Rp 66.200.

”Setiap pekan yakni senin dan kamis akan dilakukan pemantauan dan pengawasan di semua pasar tradisional,” jelasnya.

Dinas, kata dia, juga sudah rutin melakukan pengawasan terhadap produk yang beredar di pasaran. Mulai dari makanan kadaluwarsa, sampai dengan pengawasan atas obat-obat konsumsi yang dilarang. Pengawasan ini akan dilakukan secara terpadu, dengan Satpol PP, Dinas Kesehatan maupun dinas Kelautan dan perikanan.

Kepala Bidang Perdagangan Disperindag ESDM , Bambang Widodo menambahkan stok barang dagangan dalam kondisi aman. Hasil pantauan yang dilakukan, masih akan mencukupi sampai dengan lebaran nanti. Dinas juga siap melakukan koordinasi dengan suplier untuk menutup jika terjadi kekurangan produk.

”Kalau kadaluwarsanya hanya satu bulan, kita minta pedagang mengembalikan. Tetapi kalau sudah lama akan kita sita atau diminta memusnahkan,” ujarnya. (fiz)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: