Kulonprogonews's

Beranda » Ekonomi » Tantang Bidan Berat

Tantang Bidan Berat

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

Follow Kulonprogonews's on WordPress.com

KULONPROGO – Bidan memiliki peran yang strategis dalam menekan angka kematian ibu dan bayi. Untuk itulah bidan yang tergabung dalam Ikatan Bidan Indonesia (IBI), harus melakukan konsolidasi organisasi.

Bupati Kulonprogo Toyo Santoso Dipo mengatakan peran Ibi tidak bisa lagi dipandang sebelah mata. IBI sudah banyak berkiprah dalam menangani kesehatan ibu hamil dan kelahiran.

Tantangan bidan di masa mendatang lebih berat karena telah memasuki era liberalisasi,” tutur Toyo saat memberikan sambutan pada HUT Ibi ke-60 di gedung Kaca kemarin.

Peringatan HUT IBI juga diisi dengan Seminar Ilmiah Kebidanan dengan pembicara dokter spesialisa Kebidanan dan kandungan dari RSUP dr Sardjito yang sekaligus dosen Fakultas Kedokteran UGM Yogyakarta, dr.H.Hasto Wardoyo,SpOG (K).

Kedepan, IBI harus mampu mengupayakan satu langkah untuk peningkatan kualitas layanan kesehatan secara berkesinambungan dan paripurna. IBI harus fokus pada aspek pencegahan dan promosi kesehatan berlandaskan kemitraan dan pemberdayaan masyarakat. .

Sementara dr.H.Hasto Wardoyo, SpOG(K) mengatakan bidan memiliki kewenangan untuk memberikan pelayanan kebidanan baik itu kesehatan reproduksi, ibu hamil, bersalin dan sebagainya. Bidan juga harus bisa memberikan pelayanan keluarga berencana dan kesehatan masyarakat.

Kebutuhan masyarakat akan peran aktif bidan dalam pelayanan terus meningkat. Ini merupakan bukti bahwa eksistensi bidan di tengah masyarakat semakin memperoleh kepercayaan, pengakuan dan penghargaan.

Kanker payudara berisiko karena terlambat mendeteksi sejak dini. Padahal penyakit ini mampu disembuhkan,”kata jelas Hasto yang akan segera menjadi calon bupati Kulonprogo. (fiz)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: