Kulonprogonews's

Beranda » Ekonomi » Tukijo Dituntut 2 Tahun Penjara

Tukijo Dituntut 2 Tahun Penjara

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

Follow Kulonprogonews's on WordPress.com

Koordinasi : Terdakwa Tukijo melakukan negosiasi dengan penasehat hukumnya, usai dituntut dengan pidana dua bulan penjara

KULONPROGO – Tukijo,45 petani pesisir selatan Kulonprogo, yang menyandera buruh harian lepas PT Jogja Magasa Iron (JMI) dituntut dengan pidana penjara selama dua tahun oleh jaksa penuntut. Apa yang dilakukan terdakwa diyakini melanggar pasal 333 tentang perampasan kemerdekaan seseorang.

Seperti pada persidangan sebelumnya, sidang yang digelar di PN Wates dipenuhi pengunjung. Selain pendukung tukijo dari kalangan petani, juga aparat kepolisian. Sidang yang dipimpoin oleh Eko Purwanto ini sendiri sempat molor beberapa jam dari jadwal semua.

Begitu sidang dibuka, majelis hakim langsung meminta jaksa penuntut yang diketuai oleh Nicolas Aheluhelu untuk membacakan tuntutannya.

Dalam amara tuntutannya, jaksa melihat perbuatan terdakwa yang menyandera para buruh pabrik ini telah merampas hak seseorang. Seperti diatur dengan pasal 333 KUHP. Untuk itulah jaksa meminta majelis untuk menjatuhkan pidana kurungan penjara selama dua tahun dipotong masa tahanan.

“Kita hanya gunakan satu pasal primer karena itu sudah terbukti,” jelas Ferdinan Adi Nugrogo jaksa.

Hal yang memberatkan terdakwa, pernah dijatuhi hukuman dalam kasus perbuatan tidak menyenangkan. Sedangkan yang meringankan terdakwa, santun dalam persidangan.

Penasehat hukum terdakwa, Syamsudin Nurseha dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Yogyakarta mengaku kecewa dengan tuntutan jaksa. Sesuai fakta yang muncul di persidangan terdakwa tidak melakukan pencegatan dan penyanderaan. Saat kejadian dirinya sedang berada di lahan. Sehingga tidak bisa dikatakan terdakwa menyandera.

Fakta di persidangan dia itu masih di ladang, dia tidak menyandera,” jelasnya.

Menurutnya, kasus yang dialami Tukijo bukan murni permasalahan hukum. Namun ada upaya yang diarahkan oleh pihak-pihak tertentu. Untuk itulah, LBH akan membuat tanggapan dan pembelaan atas tuntutan ini

”harusnya Tukijo dibebaskan, karena faktanya tida terbukti,” ujarnya.  (fiz)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: