Kulonprogonews's

Beranda » Ekonomi » Retribusi Tower Dihitung dengan NJOP

Retribusi Tower Dihitung dengan NJOP

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

Follow Kulonprogonews's on WordPress.com


KULONPROGO – Perhitungan tarif dasar retribusi menara telekomunikasi, akan mendasarkan atas nilai jual obyek pajak. Pansus raperda menara bersama dengan eksekutif sudah sepakat menentukan besaran 2% dari nilai NJOP.

”Ini sudah menjadi kesepakatan, dan tiga raperda menara telekomunikasi akan segera ditetapkan,” ujar Ketua pansus Sudarto.

Sebelumnya, antara pansus bersama dengan eksekutif terlibat dalam perdebatan panjang. Bahkan rapat kerja sempat deatlock, karena kedua belah pihak tidak bisa bertemu satu pemahaman.

Dalam draf disebutkan, dasar penghitungan menggunakan nilai variabel dari setiap menara. Seperti ketinggian, luas lahan, jenis bahan bangunan dan sebagainya. Dengan interval besaran retribusi antara 0,9 hingga 1,92 persen dari NJOP. Penentuan inipun sudah diterima oleh Asosiasi Telekomunikasi Seluruh Indonesis (ATSI), saat dilakukan audensi.

”Perkiraan retribusi per tahun bisa satu miliar,” jelasnya.

Anggota Pansus yang lain, Tejo Supono mengusulkan dasar perhitungan berlandaskan UU no 28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, dengan besaran 2 persen dari NJOP. Atas dasar itu dipastikan tidak akan bertabrakan dengan Peraturan Perundang-undangan di atasnya. (fiz)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: