Kulonprogonews's

Beranda » Ekonomi » Oscar Lawalata, Tertarik Serat Alam

Oscar Lawalata, Tertarik Serat Alam

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

Follow Kulonprogonews's on WordPress.com

Menenun : Desaianer kondang OScar Lawalata mencoba menenun kain kombinasi serat alam.

KULONPROGO – Desainer kondang, Oscar Lawalata tertarik mengembangkan anyaman serat alam asal Kulonprogo. Anyaman serat alam ini akan dipadukan dengan desain baju untuk fashion show. Secara khusus, Oscar bersama desainer topi asal Inggris Justin Smith datang ke Kulonprogo untuk menyaksikan proses pembuatan.

Kedua desainer ini, datang ke Kulonprogo untuk memburu barang-barang yang terbuat dari serat alam. Mereka datang ke Kindo craft, yang ada di Janti Kidul, Jatisarono milik Dwi Santoso. Sebelumnya oscar telah melihat aneka produk anyaman milik Dwi Santoso pada pameran di Jakarta.

Menurutnya, ada beberapa serat yang menarik dirinya untuk dikembangkan. Diantaranya serat agel, enceng gondok ataupun dari daun pandan. Kebetulan di sentral milik Dwi santoso ini juga sudah banyak produk tenun yang memadukan serat alam.

”Kita lihat anyaman ini tidak hanya untuk handycraft, tetapi bisa dikembangkan untuk desain fashion ataupun topi,” ujar Oscar.

Menurutnya, Justin memiliki project tentang budaya Indonesia. Dia akan membuat aneka pola topi dari bahan yang ada. Inovasi produk ini akan dipadukan pada fashion show yang akan dilaksanakannya pada bulan Noveber mendatang.

”Sebenarnya banyak serat yang bisa, hanya terkendala pada proses pencucian. Paling hanya bisa untuk fashion show saja dan tidak bisa untuk harian,” tambahnya.

Saat melakukan kunjungan, Oscar bersama dengan Justin juga ikut terlibat dalam proses pembuatan anyaman. Mereka ingin tahu proses awal, untuk melihat kualitas produk yang dihasilkan. Termasuk proses pewarnaan.

Sementara itu, Justin Smith, mengaku belum memiliki gambaran model topi yang akan dikembangkan. Semuanya akan dipelajari dan dijadikan eksperimen saat dia kembali ke Inggris. Sebagai bahan eksperimen inilah, Justin membawa beberapa jenis serat alam untuk bereksperimen. Nantinya akan dijadikan model topi untuk kolabirasi fashion show.

”Sampel-sampel ini akan dieksperimen dulu, modelnya yang tepat seperti apa,” tutur Justin.

Pemilik Kindo Craft, Dwi Santoso mengaku kedua desainer ini tertarik untuk mengembangkan anyaman berbahan enceng gondok dan agel. Dua barang ini akan dikombinasikan dengan tenun yang dia kerjakan.

”Untuk tahap awal dia minta aksesoris untuk catwalk, tetapi desainnya menyusul,” ujarnya. (fiz)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: