Kulonprogonews's

Beranda » Hankam » Kulonprogo Akan Batasi Tower Seluler

Kulonprogo Akan Batasi Tower Seluler

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

Follow Kulonprogonews's on WordPress.com

KULONPROOGO – Pemerintah Kabupaten Kulonprogo akan membatasi jumlah menara operator seluler. Menara yang ada diarahkan sebagai menara bersama. Sesuai hasil survey yang ada, jumlah tower ideal hanya sekitar 90 unit sesuai zonasi tower.

”Itu jumlah optimal saat ini, yang bisa berubah,” jelas Kasi Pelayanan dan Fasilitasi, Bidang Kominfo, Dishubkominfo Kulonprogo Evi Yulianti pada rapat kerja dengan DPRD kemarin.

Menurutnya, hasil survey di 2010 jumlah tower mencapai 84 unit yang dipasangi 253 BTS. Guna menghindari laju pertumbuhan tower, makanya akan disusun perda yang mengatur ijin pendirian. Termasuk perda retribusi untuk pajak dan penggunaan tower dari operator.

Konsultan dari Asosiasi Telokomunikasi Seluler Indonesia (Atsi) Thomas Sai mengatakan zonasi seluler bisa berubah. Semuanya tergentung tata ruang, pengembangan wilayah dan kondisi geografis. Ini tidak lepas dari sifat sinyal yang tidak bisa menembus perbukitan. Otomatis di daerah cekung tidak bisa tercover sinyal secara sempurna. Hal ini berbeda untuk wilayah datar di pesisir.

”Idealnya setiap lima tahun sekali, zonasi itu ditinjau ulang untuk direvisi,” jelasnya.

Anggota Pansus DPRD, Eni Nur Rahayu berharap pada perda yang akan disusun mengatur secara tegas aturan pendirian. Sebab saat ini banyak tower ynag lokasi berdampingan. Padahal jarak ideal adalah tingi tower ditambah 5 meter.

”Proses perijinan harus lebih ketatagar bisa dikendalikan,” jelasnya. (fiz)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: