Kulonprogonews's

Beranda » Ekonomi » Warga Nampan Desak kadus Mundur

Warga Nampan Desak kadus Mundur

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

Follow Kulonprogonews's on WordPress.com

*Kadus Barongan Mengundurkan Diri

KULONPROGO – Warga Dusun Nampan, Desa Nomporejo, Kecamatan Galur menunut kepala dukuhnya sapto Priharjono mengundurkan diri dari jabatannya. Warga menengarai kadusnya tidak trasparan dalam membelanjakan dana bantuan dari pemerintah sejak 2007 hingga 2011 ini. Sebelumnya, desakan serupa juga dilakukan oleh warga Barongan, Karangsewu Galur.

Permintaan pengunduran diri ini disampaikan warga kepada camat Galur. Dalam surat yang dikirim, warga melampirkan beberapa bantuan yang ditengarai tidak jelas. Kemarin siang warga juga melaporkan permasalahan ini kepada inspektorat daerah.

”Warga sudah kesal dan minta kadus untuk mundur,” jelas Triyo suharyanto.

Menurutnya, selama ini banyak terjadi penyimpangan dana. Selain dana operasioanal bantuan  juga belanja pedukuhan yang dianggarkan dari desa. Bahkan belum lama ini, juga  ada dana sosialisasi pilkada yang juga tidak jelas.

Menurutnya, warga juga pernah menuntut mundur yang bersangkutan pada 1997 silam. Saat itu kadus ditengarai melakukan penyeleweangan dana bantuan posyandu dan budidaya lele. Hanya saja upaya ini tidak berhasil.

“Warga sudah bodan dan berharap diproses hukum,”tuturnya.

Kepala Desa Nomporejo, Suyono yang dihubungi melalui handphoneya belum bisa berkomentar. Kebetulan kemarin dia sedang berada di Universitas Gadjah Mada (UGM), untuk menjadi saksi kasus sengketa pilkada.

”Maaf saya sedang sidang, belum bisa berkomentar,” ujarnya.

Sementara itu. Kepala Dukuh Dusun Nampan, Sapto Priharjono sendiri tidak bisa dikonfirmasi. Beberapa kali dihibungi melalui handphone pribadinya selalu dimatikan.

Sementara itu, tuntutan warga Barongan, Karangsewu Galur, akhirnya membuahkan hasil. Kadus Slamet Diyono, dengan legowo mengundurkan diri dari jabatannya. Pengunduran ini disepakati oleh slamet pada musyawarah warga.

”Tadi pagi (Kemarin) surat pengunduran dirinya sudah saya terima,” jelas Kades Karangsewu Sudarsana. Surat pengunduran diri ini juga ditembuskan kepada camat. (fiz)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: