Kulonprogonews's

Beranda » Ekonomi » SBY Ziarah ke Makam Sarwo Edhie

SBY Ziarah ke Makam Sarwo Edhie

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

Follow Kulonprogonews's on WordPress.com

PURWOREJO – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama keluarganya, kemarin sore melakukan ziarah ke makam Jenderal TNI Sarwo Edhie Wibowo di Pangen Jurutengah, Purworejo, Jawa Tengah. Ini merupakan kegiatan rutin tahunan pada bulan Syaban menjelang bulan puasa. Ketatnya penjagaan, membuat sejulah awak media, kesulitan mengabadikan momentum ini.

Rombongan tiba di makam keluarga sekitar pukul 15.40 WIB melalui perjalanan darat. Selain ibu negara, ziarah ini juga diikuti sejumlah keluarganya. Diantaranya putera bungsunya Edi Baskoro (Ibas) bersama calon menantu Alia Hatta Rajasa, Kasad Letjend TNI Pramono Edi Wibowo (adik Any Yudhoyono). Selain itu juga hadir Menteri Politik Hukum dan keamanan (Polhukam) Djoko Suyanto, Mensesneg Sudi Silalahi dan Sekretaris kabinet Dipo Alam. Selain itu Kodam IV Diponegoro Mayjen Langgeng Sulistyono, Kapolda Jateng Irjend Tri Widodo, dan sejumlah pejabat di tingkat lokal.  

Begitu datang, SBY langsung mengelilingi komplek makam keluarga di bagian dalam. Setelah itu, SBY bersama dengan keluarganya berdoa di dekat pusara makam Almarhum Sarwo Edi. Doa ziarah kubur sendiri dipimpin oleh Kyai Daud Mochlas pengasuh ponpes Al Mutawin, Purworejo. Terakhir SBY menabur bunga di pusara makam Sarwo Edi Wibowo, dan para leluhurnya. Setelah itu SBY bersama rombongan pergi meninggalkan lokasi menuju ke Gedung Agung Yogyakarta.

Keponakan SBY, Yopi Prabowo mengaku tidak ada yang dibicarakan oleh SBY kepada keluarganya. Presiden lebih fokus dalam melakukan ziarah kubur dan tabur bunga. Kepada keluarga di Purworejo, SBY minta agar makam keluarga dirawat. Diantaranya pohon Bodi, asal Korea dan India yang ditanam Sarwo Edi di komplek makam.

”Dia hanya pesan, agar makam dirawat terutama dua pohon itu,” ujarnya.

Wakil ketua DPRD Purworejo Muhammad Abdullah mengatakan usai berziarah, SBY sempat menjelaskan makna prasasti yang ada di komplek makam ini. Prasasti yang tertulis pada batu putih ini, bertuliskan ”Masa Depan yang Gemilang Meskipun Penuh Tantangan Adalah Diatas Pundakmu dan Menunggu Dharma Bhaktimu”.  Tulisan itu merupakan pesan dari Sarwo Edhie sebelum dia meninggal, dan ditulis pada 10 Oktober 1973.

”Dia banyak menjelaskan isi dari prasasti itu,” ujarnya Abdullah.

Menurut Abdullah, SBY asngat meneladani jiwa dan semangat dari Sarwo Edi. Sebagai pemimpin dia cukup merakyat dan sangat mengedepankan kesederhanaan. Hal inilah yang patut diteladani bagi anak cucu, dan penerus bangsa.

Sementara itu, acara ziarah ke makam ini dilakukan dengan penjagaan sangat ketat. Sejulah petugas keamanan dari Polisi, TNI maupun paspampres disiagkan di sekitar lokasi. Bahkan pada ring I sekitar 100 meter dari komplek makam, warga termasuk wartawan tidak boleh mendekat.

”Maaf bapak tidak berkenan, karena ini acara keluarga,” jelas pasi Intel Kodim Purworejo Kapten Ilham Faisal Siregar.

Ketatnya penjagaan juga banyak dikeluhkan oleh warga sekitar makam. Sebab ziarah biasanya, warga bisa mendekati hingga di pagar makam. Namun saat ini jaraknya cukup jauh.

”Dulu kita bisa lihat di pinggir pagar, sekarang tidak boleh,” ujar Ny Aman Sukarman warga sekitar.

Menurutnya, ziarah tahun ini hanya keluarga besarnya yang boleh masuk. Padahal biasanya warga sekitar makam diperkenankan untuk masuk. Ziarah inipun sudaha menjadi tradisi rutin keluarga SBY.  (fiz)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: