Kulonprogonews's

Beranda » Ekonomi » Kulonprogo Berhasil Tekan Malaria

Kulonprogo Berhasil Tekan Malaria

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

Follow Kulonprogonews's on WordPress.com

KULONPROGO – Pemerintah Kabupaten Kulonprogo berhasil mengatasi kasus malaria, yang sempat menjadi kejadian luar biasa di era 2000an.  Pada 2001 silam, angka demam berdarah mencapai 38.157 kasus dan di 2010 tinggal 32 kasus.

Sekda Kulonprog Budi Wibowo pada awal 2000 lalu, Kulonprogo menjadi daerah yang menyumbang kasus malaria terbesar di Jawa dan Bali. Namun angka ini perlahan turun dan kini tinggal beberapa kasus saja. Bahkan angka kematian di dua tahun terakhir sudah tidak ada lagi.

”Sinergisitas program antara kabupaten, provinsi dan pusat menjadi penentu keberhasilan ini,” ujar Budi Wibowo ketika menjadi nara sumber dalam seminar ”Eliminasi Malaria dan Pengembangan Profesi Epidemiolog Menuju Melenium Develompent Goals (MDGs)” di King Hotel Wates kemarin.

Menurutnya, saat ini tinggal ada tiga desa yang menjadi endemis malaria. Semuanya berada di perbukitan yang berbatasan dengan kabupaten tetangga. Kulonprogo sendiri telah menjalin kerjasama dengan kabupaten Purworejo dan Magelang Jawa Tengah, agar bersama-sama melakukan pemberantasan.

”Atas keberhasilan ini kita minta tetap waspada agar tidak kecolongan,” jelasnya.

Kasubdit Malaria Kementrian Kesehatan Dr Siti Nadia, mengatakan kasus malaria merupakan masalahan kesehatan yang bersifat nasional. Masih banyak daerah yang menjadi daerah endemis malaria.

”Perlu kerjasama integral antara pemerintah dan masyarakat untuk atasi malaria,” tegasnya.

Kementrian kesehatan sendiri sudah kerap melakukan penanganan daerah endemis ataupun melaksanakan program eliminasi. Diantaranya di kepulauan Seribu, Bali dan Batam di 2010 lalu. Sedangkan di 2011 akan dilaksanakan di Pulau Jawa, Aceh dan Kepulauan Riau. Program ini akan dilaksanakan secara empat tahap sampai 2030 mendatang.  (fiz)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: