Kulonprogonews's

Beranda » Ekonomi » Kawanan Rampok Bobol Kemenag Kulonprogo

Kawanan Rampok Bobol Kemenag Kulonprogo

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

Follow Kulonprogonews's on WordPress.com

olah tkp petugad identifikasi polres kulonprogo melakukan olah tkp di Kantor Kemenag Kulonprogo pasca perampokan

KULONPROGO – Kantor Kementrian Agama Kabupaten Kulonprogo, menjadi sasaran aksi perampokan. Kawanan perampok bersenjata tajam ini, mengacak-acak tiga ruangan terpisah. Selain uang tunai, pelaku juga membawa kabur laptop dengan total kerugian ditaksir mencapai Rp 72 juta. Aksi prampokan ini diperkirakan terjadi pukul 04.00 WIB.

Saat itu Wahyu Hartana yang sedang berjaga malam tengah tertidur pulas di ruangan lobi kantor. Pelaku yang masuk dengan cara merusak pintu langsung menyekap saksi. Awalnya saksi sempat melawan dan menendang pelaku. Namun karena ada empat pelaku, Wahyu tidak bisa berbuat banyak. Tubuhnya yang kecil ditindih dan sempat dipukul pelaku. Terakhir pelaku mengancam dengan sebuah golok jika mengancam.

”Ada empat pelaku, ada yang pakai cadar ada yang tidak. Logat bicaranya bukan orang Jawa,” jelas wahyu.

Setelah tidak berdaya, kedua tangan Wahyu diikat ke belakang punggungnya. Sedangkan mulutnya ditutup dengan lakban. Terakhir Wahyu disekap di ruangan kepala yang ada di samping ruangan lobi. Sekitar satu jam disekap, Wahyu berhasil mengendorkan ikatan pada tangannya. Kondisi ini dimanfaatkan untuk melepas lakban yang menutup mulutnya. Dengan menggunakan handphone pribadinya, Wahyu menghubungi rumah dinas kejaksaan yang ada di sebelah Kantor Kemenag. Informasi ini akhirnya sampai pada aparat kepolisian dan langsung mengamankan lokasi kejadian.

”Untung HP saya tidak dibawa, jadi bisa saya pakai telpon sebelah,” ujarnya.

Petugas kepolisian yang datang, langsung menggelar olah tempat kejadian peristiwa. Petugas memasang beberapa garis polisi di kantor ini. Setidaknya ada tiga ruangan yang dimasuki kawanan maling. Yakni di ruangan bendahara, Urusan agama Islam (urais) dan Madrasah Pendidikan Agama (Mapenda). Di ruangan Mapenda dan Urais, pelaku masuk dengan cara merusak jendela dan nako. Sedangkan di ruangan Bendahara dengan merusak pintu.

Di ruangan bendahara ini ada dua unit brangkas yang dibobol, namun hanya satu yang berisi uang tunai sekitar Rp 50 juta. Sedangkan di ruangan Urais dan Mapenda pelaku mengacak-acak seluruh isi ruangan. Seluruh laci dan almari ikut diobrak-abrik. Stau buah lapotp di ruangan mapenda juga raib. Selain itu ada beberapa uang honor milik pegawai yang juga hilang.

”Kita belum tahu kerugiannya masih kita taksir,” jelas Kepala Kemenag Kulonprogo Ridwan Priyanto.

Kasubag Humas Polres Kulonprogo AKP Hendri Multi yang didampingi Kanit I reskrim Iptu Fahrudin mengaku masih melakukan penyelidikan atas kasus perampokan ini. Dari keterangan saksi pelaku berjumlah empat orang. Mereka keluar dan masuk lewat belakang dengan jalan memanjat tembok. Ini bisa dilihat dari bekas kaki yang masih menempel. Dari hasil olah TKP, pelaku merusak ruangan menggunakan dua buah linggs ukuran cukup besar. Selain itu juga ditemukan sabit dan golok di dua ruangan terpisah.

”Kita sudah periksa semua ruangan, dan kerugian bisa mencapai Rp 72 juta,” jelas Hendri.

Polisi saat ini masih melakukan pelacakan atas kejadian ini. Apalagi modus yang dipakai pelaku merupakan modus lama. Yakni dengan membeli linggis dan sabit yang masih baru. Kepala Kanwil Kemenag DIY, Maskuh Haji yang datang di lokasi ini mengaku prihatin atas kejadian yang menimpa. Kejadian perampokan ini akan dievaluasi dalam rapat di kanwil. Terkait prosedur pengamanan, sebenarnya sudah sesuai aturan yang ada. Dimana setiap malam ada penjaga malam, dan semua jendela dilengkapi dengan teralis. Termasuk menghindari penyimpanan uang tunai.

”Sebenarnya sudah sesuai prosedur, tetapi tetap akan kita evaluasi,” jelasnya. (fiz)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: