Kulonprogonews's

Beranda » Ekonomi » KPUD Siap Hadapai Gugatan Pilkada

KPUD Siap Hadapai Gugatan Pilkada

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

Follow Kulonprogonews's on WordPress.com

Damai : empat pasangan calon bupati mengangkat tangan bersama dalam undian nomor urut di KPUD beberapa waktu lalu

*Menunggu Pemberitahuan dari MK

KULONPROGO – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kulonprogo siap menerima gugatan hukum, terkait sengketa Pilkada Kulonprogo. Kendati belum menerima tembusan dari Mahkamah Konsitusi, KPUD akan menghormati proses hukum yang ada.

”Ini adalah bagian proses hukum  yang harus dihormati, meski kita juga belum menerima tembusan,” jelas Ketua KPUD Siti Ghoniyatun.

Menurutnya, sesuai aturan Peraturan Mahkamah Konstitusi (PMK), tiga hari pasca diregistrasi materi gugatan akan disampaikan kepada KPUD. KPUD sendiri wajib untuk menerima adanya gugatan tersebut. Sebab materi KPUD sebagai penyelenggara biasanya akan menjadi pihak terlapor.

Sebagai persiapan, KPUD akan melakukan kordinasi internal. Baik dengan KPUD maupun sampai pelaksana teknis dari PPK, PPS sampai dengan tingkat KPPS. Termasuk mempersiapkan bukti material yang akan dibawa ke dalam persidangan mendatang.

”Jika memang benar seperti itu, kita segera koordinasi internal,” tuturnya.

Diakuinya sejauh ini KPUD belum menunjuk pensehat hukum yang akan mendampingi dalam persidangan. Namun untuk gugatan di Perusahaan Tata Usaha Negara (PTUN) yang diajukan oleh pasangan Condroyono-Indreswari (Coin), KPUD  menunjuk pengacara kondang Andi rais.

”Belum tahu, apa akan gunakan Pak Andi lagi atau cari lagi,” pungkasnya. Apapaun hasilnya, KPUD akan menghormati keputusan dari MK nantinya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pengawas pilkada (panwasluka) Pujarasa Satuhu juga siap mengikuti proses gugatan di peradilan. Panwas telah bekerja secara maksimal dalam melakukan pengawasan selama proses pilkada. Termasuk pelanggaran yang secara formal telah mask di panwas.

”Untuk pelanggaran formal, tetap kita proses,” ujarnya.

Sementara itu Mulyono, selaku yang mengajukan gugatan menyerahkan sepenuhnya kepada penasehat hukumnya. Semua permasalahan dan materi sudah diserahkan sepenuhnya. Apa materi pastinya itu urusan penasehat hukum.

”Semuanya sudah kita serahkan kepada penasehat hukum,” kilahnya.

Pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Ari Sujito melihat adanya gugatan akibat keberatan terhadap proses pilkada merupakan hal yang wajar. Ini lebih bagus dari pada munculnya kekerasan dan konflik di masyarakat. Apapun hasil dari keputusan MK, harus dihormati sebagai bagian dari proses demokrasi.

”Gugatan ini, lebih baik dari pada konflik di masyarakat yang menjurus kekerasan dan bentrok,” tuturnya.

Menurutnya apapun hasil dari putusan MK harus dihormati. Semuanya tergantung proses dan pembuktian di dalam persidangan. Cara ini lebih arif daripada memunculkan sabotase politik.

”Saya rasa MK masih cukup kredibel, dan tinggal bagaimana publik nanti menilai hasilnya,” pungkasnya.

Gugatan hasil pilkada Kulonprogo ini, diajukan dua pasangan calon ke Mahkamah Konstitusi pada Senin (27/6) lalu. Pasangan Mulyono-Ahmad Sumiyanto (Noto) dan Suprapta-Soim (Prakoso) melalui kuasa hukumnya Zahru Arqam, telah mengajukan registrasi kepada MK. (fiz)


2 Komentar

    • PANdanBIRU mengatakan:

      Selangkong , mBak…
      Wakil Bupati terpilih Kulon Progo 2011-2016 kebetulan adalah adik ipar dari Mantan Bupati Pamekasan, bapak Drs. H. Dwiatmo Hadiyanto, M. Si……
      Salam hormat untuk seluruh “oreng Mekassen”…😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: