Kulonprogonews's

Beranda » Ekonomi » Sekolah Favorit Diserbu Pendaftar

Sekolah Favorit Diserbu Pendaftar

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

Follow Kulonprogonews's on WordPress.com

KULONPROGO – Sejumlah sekolah favorit jenjang SLTA di Kulonprogo diserbu calon siswa. Tidak sedikit calon siswa bersama orangtua ini datang sebelum pendaftaran dibuka. Padahal menjelang siang hari, formulir pendaftaran yang diterima panitia sudah melebihi kuota penerimaan siswa.

Kepala Sekolah SMA 1 Wates, Sugiharta menuturkan sekolahnya merupakan sekolah yang difavoritkan para siswa di Kulonprogo. Saat ini kuota pendaftaran mencapai 216 siswa, untuk enam kelas. Satu kelas diantaranya merupakan kelas akselerasi. Pada hari pendaftaran kemarin, pihaknya telah mengeluarkan 400 formulir pendaftaran. Pihak sekolah sendiri hanya menyediakan sekitar 600 lembar formulir.

”Kita pendaftaran sampai Kamis nanti, tetapi hari pertama ini formulir sudah banyak keluar,” ujarnya.

Menurutnya, SMA 1 hanya menerima siswa baru dengan pertimbangan nilai ujian akhir. Dari sini nanti akan dirangking untuk memutuskan calon siswa yang masuk. Sekolah sendiri juga transparan dalam melakukan seleksi. Menjelang penutupan pendaftaran, panitia akan mengarahkan siswa yang nilainya sudah diambang batas terendah untuk mencabut.

”Bagi yang NEMnya rendah, kita minta aktif memantau perkembangan pendaftaran,” terang Sugiharta.

Banyaknya siswa yang mendaftar juga terjadi di SMKN 1 Pengasih. Pihak sekolah menyediakan 800 lembar formulir pendaftaran. SMK 1 Pengasih hanya menerima 320 siswa yang dibagi ke dalam enam jurusan. Setiap kelasnya akan berisi 32 peserta didik.

”Jurusan akuntasi, adminitrasi perkantoran dan multimedia, cukup diminati siswa,” jelsnya . Pihak sekolah, juga mengalokasikan kuota 60 kursi atau 20% daru kebutuhan.

Wakahumas SMKN 1 Pengasih, Tri Sudiyono mengatakan pada seleksi pendaftaran calon siswa wajib untuk datang. Sebab ada tes fisik yang dilaksanakan langsung kepada para siswa, seperti pengukuran tinggi badan.  Sebab ada beberapa jurusan seperti perhotelan, ada persyaratan minimal tinggi badan.

“Memang ada persyaratan khusus tinggi badan,” terangnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kulonprogo, Sri Mulatsih Damar Rahayu telah mengeluarkan instruksi agar pendaftaran dilaksanakan secara transparan. Sekolah harus fair dalam melakukan seleksi.

“Kalau ada pejabat yang bermain seperti titip siswa silahkan lapr, akan kami tindaklanjuti,” ujarnya. (fiz))


1 Komentar

  1. kukuh budiharso mengatakan:

    mantab artikelnya.. salam kenal dari http://budiharso.wordpress.com anak kalibawang…kulon progro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: