Kulonprogonews's

Beranda » Ekonomi » Minat Kerja di Luar Negeri Tinggi

Minat Kerja di Luar Negeri Tinggi

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

Follow Kulonprogonews's on WordPress.com

*Tidak terpengaruh kasus TKW

KULONPROGO – Banyaknya kasus kekerasan yang menimpa tenaga kerja wanita (TKW) yang bekerja di luar negeri tidak menurunkan minat masyarakat Kulonprogo untuk bekerja di luar negeri. Jumlah peminat untuk bekerja di luar negeri tetap tinggi.

Kasi Penyedia Lapangan dan Penempatan Tenaga Kerja Dinsosnakertrans Muh Juaini menuturkan minat tenaga kerja  ke luar negeri tetap tinggi. Tidak ada perubahan signifikasn, pasca terjadinya temuan kekerasan yang menimpa teradap tenaga kerja di luar negeri.

”Jumlahnya tetap sama, dan tidak terpengaruh,” jelas Juaini.

Pada 2009 silam, tenaga kerja yang diberangkatkan ke luar negeri mencapai 367 ornag. Sedangkan di 2010 meingkat menjadi 400 orang. Saat ini juga sudah ada puluhan tenaga kerja yang diberangkat. Bahkan banyak pencari kerja, meminta informasi lapangan kerja di luar negeri.

Menurutnya, mayoritas pencari kerja memang untuk tujuan di Malaysia. Selain lebih dekat, banyak tenaga kerja yang mudah beradaptasi. Apalagi suasana kerja dan pekerjaan yang diberikan tidak begitu berat. Kondisi ini berbeda untuk penempatan di Taiwan, Korea ataupun Jepang. Pencari kerja harus menguasai bahasa mereka dengan jam kerja cukup padat.

”Kebetulan di Malaysia, lapangan kerja cukup banyak dan ditempatkan di pabrik,” tuturnya.

Kepala bidang Tenaga kerja pada Dinsosnakertrans Kulonprgo Armansyah Gatot Subroto menuturkan sudah beberapa tahun pihaknya tidak memberangkatan tenaga kerja ke Saudi Arabia. Sesuai instruksi dari gubernur, seluruh kabupaten/kota di DIY tidak mengirimkan tenaga kerja ke sana. Sebab lapangan yang tersedia untuk sisi informal, dan kebanyakan untuk tenaga kerja wanita (TKW).

”Kita hanya mengirimkan naker formal, dan bekerja di pabrik,” tuturnya.

Salah seorang pencari kerja, Yanti mengaku  tidak ingin bekerja di luar negeri. Dia memilih untuk mencari pekerjaan di dalam negeri atau domestik. Alasannya maish banyak lapangan kerja di dalam negeri. Apalagi gaji yang diterima naker di luar negeri juga tidak banyak berbeda dengan kerja di sini.

”Saya lebih memilih di Batam, atau Bangka,” tuturnya.

Sebagai lulusan tahun ini, dirinya akan lebih tertarik untuk bekerja di daerahnya sendiri. Apalagi ada lapangan pekerjaan di Kulonproho. (fiz)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: