Kulonprogonews's

Beranda » Ekonomi » PT SCI Kembali Normal

PT SCI Kembali Normal

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

Follow Kulonprogonews's on WordPress.com

Normal : Setelah dua hari diguncang aksi mogok kerjo, aktivtas Pt SCI kembali normal dan buruh masuk kerja

KULONPROGO – Ribuan buruh PT Sung Chang Indonesia (SCI), kembali bekerja. Sebelumnya, mereka sempat mogok kerja selama dua hari, dan menginap di gedung DPRD. Hanya saja, tuntutan para buruh terkait perbaikan kesejahteraan nasib belum banyak dikabulkan.

Para buruh pabrik yang memproduksi rambut palsu (Wig) ini, kembali bekerja setelah ada jaminan dari Pemkab Kulonprogo bersama dengan DPRD dan kepolisian. Mereka mau bekerja, asalkan mereka tidak mendapatkan tekanan dan intimidasi dari managemen. Surat jaminan ini ditandatangani bersama oleh Ketua DPRD Yuliardi, dan Sekda Kulonprogo Budi Wibowo. Sebelumnya dua institusi ini telah berkoordinasi dengan PT SCI maupun aparat kepolisian.

”Mulai hari ini (kemarin) semuanya sudah berjalan normal, dan buruh kembali masuk kerja,” jelas Ketua DPRD Yuliardi.

DPRD bersama dengan pemkab akan melakukan pengawasan agar jaminan ini bisa dilaksanakan sesuai kesepakatan bersama. Bahkan semenjak pagi beberapa anggota DPRD sudah melakukan pengawasan saat buruh berangkat dan masuk kerja. Pengawasan akan dilakukan sampai dengan kondisi kembali normal. Namun jika kesepakatan itu dilangar, akan ada tindakan sesuai aturan perundangan.

Terkait dengan tuntutan buruh, semuanya masih dalam tahap negosiasi. Perusahaan belum bisa memenuhi semua tuntutan buruh karena masih dalam proses penyesuaian. Apalahi peraturna perusahaan juga maish dalam disusun.

Nanti akan dibicarakan lagi antara perwakilan buruh dengan managemen, setelah kondisinya normal,” tegasnya.

General Manager PT SCI Shin Hyunh Sang, kepada wartawan mengaku siap untuk bermusyawarah. Pihaknya siap menerima kembali para buruh untuk bekerja. Masalah yang muncul hanya karena miskomunikasi saja. Nanti akan ada perbaikan dalam sistem komunikasi.

”Kita mau musyawarah, tetapi tidak ada pihak ketiga,” tegas Mr Shin.

Mr Shin berharap tidak ada lagi pihak ketiga yang menghalangi buruh yang hendak masuk. PT SCI sendiri juga siap melaksanakan komitmen bersama tanpa adanya provokasi.

Terkait adanya komplain atas saluran pembuangan limbah oleh warga sekitar, PT SCI siap memperbaiki saluran yang ada. Mereka juga tidak akan membuang limbah kimia ke sungai sebelum diendapkan.

Bupati Kulonprogo Toyo Santoso Dipo komitmen untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di SCI. Pemkab akan menjembatani permasalahan dan tuntutan dari buruh untuk disampaikan kepada perusahan. Sepanjang semuanya maish sesuai dengan aturan perundangan yang ada.

”Nanti kita jembatani agar cepat selesai,” ujar Toyo. (fiz)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: