Kulonprogonews's

Beranda » Pemerintahan » Panwaslukada Kesulitan Tangani Aduan

Panwaslukada Kesulitan Tangani Aduan

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

Follow Kulonprogonews's on WordPress.com

*Hanya Satu Saksi Hadir

KULONPROGO – Panitia Pengawas pemilu kepala daerah (panwaslukada) Kulonprogo kesulitan untuk menindaklanjuti laporan kecurangan pilkada yang masuk. Hanya ada satu orang saksi yang bersedia dimintai keterangan. Selebihnya tidak ada yang mau datang.

Ketua Panwaslukada Pujarasa Satuhu mengatakan ada sekitar 12 laporan resmi yang masuk di sekretariatan. Mulai dari perusakan atribut, black compaign, kartu sembako gratis, Kartu BLT, hingga money politik dan sembako. Dari beberapa adua ini, sudah diakomodir oleh panwaslukada dengan melakukan pemanggilan. Pemanggilan hanya bisa dilakukan sepanjang ada pihak yang terlapor. Sehingga untuk perusakan atau blcak compaign tidak bisa ditindaklanjuti.

Menurutnya, dalam dua hari ini Panwaslukada telah memanggil sembilan orang saksi. Rencananya hari ini akan kembali dipanggil empat orang terlapor. Kenyataanya, dalam dua hari ini hanya ada satu saksi yang datang.

”Kita kesulitan untuk bisa menindaklanjuti aduan ini. Mereka yang terkait enggan datang dan panwaslukada tidak bisa memaksa,” jelasnya.

Menurutnya, lemahnya kewenanganan ini tidak lepas dari lemahanya sistem perundangan pilkada. Panwaslukada tidak bisa banyak berbuat terkait aduan yang msuk. Untuk itulah bawaslu juga tengah mendesak untuk dilakukan revisi atas UU pemilu di Indonesia.

”Untuk kejadian black compaign, tidak ada terlapor ini tidak bisa kita tindaklanjuti,” tuturnya.

Anggota Panwaslukada Setijono widjojo, mengatakan Panwaslukada memiliki keterbatasan waktu dalam menangani laporan yang masuk. Sesuai dengan Peraturan bawaslu 24/2011 tentang mekanisme penyelesaian sengketa pemilukada, khususnya pasal 15 pihak terkait maksimal dipanggiil tiga kali untuk diklarifikasi. Jika mereka tidak datang dan melebihi batas waktu, aduan gugur dengan sendirinya.

”Sebelum sepekan adua masuk, mereka akan kita panggil maksimal tiga kali,” jelasnya.

Sementara itu, hari ini KPUD akan melakukan rekapitulasi perolehan suara dari 12 panitia pemungutan kecamatan (PPK). Begitu kelar, hasil pilkada akan ditetapkan melalui rapat pleno terbuka.

”Semuanya sudah masuk tinggal kita rekap dan tetapkan pemenang pilkada, jelas Ketua Divisi Hukum KPUD Kulonprogo, Intan Intan Widiastuti.

Menurutnya, KPUD juga telah meminta tim sukses untuk melaporkan rekening dana kampanye. Laporan keuangan ini maksimal dilaporkan H+3 pilkada atau hari ini.

”Laporan ini nanti akan diaudit oleh auditor yang telah ditunjuk,” tambahnya. (fiz)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: