Kulonprogonews's

Beranda » Ekonomi » KPUD Tetapkan “Sehat” Pemenang Pilkada

KPUD Tetapkan “Sehat” Pemenang Pilkada

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

Follow Kulonprogonews's on WordPress.com

KULONPROGO – Pasangan dr H Hasto wardoyo SpOG (k)-Drs H Sutedjo (Sehat) dipastikan akan menjadi bupati dan wakil bupati Kulonprogo periode 2011-2016 mendatang. Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kulonprogo, kemarin siang menetapkan pasangan ini sebagai pemenang pilkada Kulonprogo yang dilaksanakan pada Minggu (19/6) lalu. Sebelum menetapkan, KPUD melakukan rekapitulasi perhitungan suara di tingkat kecamatan, disaksikan saksi-saksi dari pasangan calon. Hasilnya tidak banyak berbeda dengan perhitungan quickcount yang dilakukan sebelumnya.

Sesuai hasil rekapitulasi Pasangan 1 Drs Sarwidi-Hartikah Sag (Sartika) yang diusung PKB mendapatkan 13.272 suara (5,8%). Pasangan nomor urut 2 Drs H Mulyono-H Amad Sumiyanto SE Msi (Noto) yang diusung Partai Demokrat dan PKS, mendapatkan 67.125 suara (29,33%), pasangan nomor urut 3 Drs Suprapta-Drs H So’im MM (Prakoso) yang diusung P Golkar, Gerindra, PDK, PKPB dan PKNU mendapatkan 42.516 suara (18,58%). Sedangkan pasangan nomor urut 4 dr H Hasto wardoyo SpOG (K)-Drs H Sutedjo (Sehat) yang diusung PDIP, PAN dan PPP mendapatkan 105.965 suara (46,30%).

Pada pelaksanaan pilkada ini, juga diketahui tigkat partisipasi pemilih menurun dibanding pemilu dan pileg sebelumnya. Dari 349.906 warga yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) hanya 243.893 (70%) yang menggunakan hak pilihnya, sisanya tidak menggunakan.

”Hasil ini merupakan haisl rekapitulasi perhitungan di 12 kecamatan,” jelasnya.

Pasca ditetapkan, kata dia KPUD akan menunggu adanya proses gugatan. Ini sesuai dengan aturan perundangan yang ada, dan harus dilaksanakan. Gugatan dari pihak yang kalah bisa disampaikan Mahkamah Konstitusi (MK) jika ada keberatan atas hasil dari pasangan calon. Namun, jika dalam kurun wkatu tiga hari ini tidak ada gugatan, hasil ini akan disampaikan kepada DPRD.

”Pelantikan pasangan ini nanti akan dilakukan oleh DPRD,” ujarnya.

Pada penetapan kemarin, tidak semua saksi dari empat pasangan calon hadir. Saksi dari kubu Sartikah, tidak ada yang hadir dan menandatangani berita acara perhitungan dan rekapitulasi. Tiga saksi dari pasangan lain hadir dan menyaksikan langsung proses rekapitulasi. Termausk cawabup Soim, yang berpasangan dengan Suprapta juga sempat hadir. Satu-satunya pasangan yang mengikuti proses sampai kelar, adalah pasangan Sehat.

Bupati terpilih, dr Hasto Wardoyo mengucaokan terima kasih kepada masyarakat yang telah memilih dan menudukungnya. Hasil perhitungan jauh melampaui prediksi dari tim suksesnya.

”Terima kasih kepada masyarakat Kulonprogo yang mempercayai kami untuk memimpin Kulonprogo lima tahun mendatang,” jelasnya.

Kemenangan yang diraih adalah kemenangan seluruh masyarakat, termasuk tiga pasangan lain. Sebab tanpa kompetisi dengan mereka tidak mungkin dirinya bisa memenangkan. Untuk itulah dirinya juga siap mengakomodir program, visi misi yang menjadi harapan dari pasangan lain.

”Kedepan Kuloprogo harus bisa mandiri, dengan tetap melanjutkan pembangnan menuju tercapainya kesejahteraan masyaakat berbasis kekonomi kerakyatan,” ujar Hasto. (fiz)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: