Kulonprogonews's

Beranda » Ekonomi » Disbudparpora, Kembangkan Wisata Khusus

Disbudparpora, Kembangkan Wisata Khusus

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

Follow Kulonprogonews's on WordPress.com


KULONPROGO – Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (disbudparpora) Kulonprogo berniat mengembangan obyek wisata minat khusus.  Ini tidak lepas dari kondisi alam di Kulonprogo yang memiliki beberapa keunggulan dan menantang.

Kepala Disbudparpora Kulonprogo, Sarjana mengatakan Perbukitanan Menoreh mempunyai potensi yang besar untuk dikembangkan sebagai wisata minat khusus.  Diantaranya di Kalibiru di Kecamatan Kokap, Desa Wisata Banjarasri dan Banjaroya di Kecamatan Kalibawang, Goa Kiskendo di Kecamatan Girimulyo, dan Sungai Progo untuk rafting.

”Kita akan kembangkan obyek wisata berdimensi kesehatan atau kebugaran, seperti  wisata tracking dan outbond,” jelasnya di sela pelatihan operator outbound di komplek Jogja Oranutan Center milik Yayayasan Konservasi Alam Yogyakarta (YKAY) Sendangsari, Pengasih, kemarin.

Menurutnya, pelatihan ini diikuti oleh masyarakat di sekitar obyek wisata. Ini merupakan bagian dari pemberdayaan masyarakat untuk mendukung pariwisata. Pelatihan selama tiga hari ini diarahkan untuk memenuhi ketrampilan bagi penyelenggaraan jasa outbound.

“Sebenarnya di Kalibiru, Suroloyo, dan Banjarasri warga sudah menjadi operator outbound,” ujarnya.

Ketua penyelenggara kegiatan pelatihan outbond, Hera Suwanto mengatakan, pelatihan digelar selama tiga hari diikuti 20 peserta dari masyarakat di sektar desa-desa wisata. Pelatihan diarahkan sebagai pembekalan khususnya faktor keselamatan bagi penyelenggara wisata minat khusus. Karena safety (keselamatan) merupakan faktor utama dalam wisata yang mengandung unsur petualangan.

”Kedepan kitajuga akan lakukan latihan rafting,” tuturnya.(fiz)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: