Kulonprogonews's

Beranda » Ekonomi » PDIP Banyak Dilirik Cabup dan Cawabup

PDIP Banyak Dilirik Cabup dan Cawabup

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabung dengan 18 pelanggan lain
Follow Kulonprogonews's on WordPress.com

Endang Darmawan : Siap maju menjadi Cabup lewat PDIP

*Endang Darmawan Resmi Ambil Blangko Pendaftaran

KULONPROGO – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), banyak dilirik oleh sejumlah calon bupati dan wakil bupati Kulonprogo periode 2011 mendatang. Setidaknya sudah ada lima nama yang melakukan pendekatan. Kendati demikian baru ada satu yang resmi mengambil formulir pendaftaran.

Lima nama yang muncul adalah pengusaha Yogyakarta Endang Darmawan, Pengusaha bus Zuhadmono Ashari, dokter spesialis kandungan Hasto Wardoyo. Tiga nama ini telah melakukan wawancara awal, menjelang pencalonan. Kemarin siang Endang Darmawan resmi mengambil blangko. Dua nama lain yang mendekat adalah mantan cabup Kulonprogo Soeripto, dan pengusaha bimbingan belajar Suprapto.

Endang Darmawan datang di kantor DPC PDIP didampingi sejumlah tim suksesnya. Mereka ditemui Ketua DPC Tony HP, didampingi Ketua Bapillu Umar Sriyanto, dan pengurus partai lainnya.

“Saya hanya akan maju mencai cabup Kulonprogo dari PDIP,” jelas Endang.

Menurutnya, dia sudah cukup paham dengan kondisi wilayah maupun masyarakat Kulonprogo. Hal ini dikenalnya ketika dirinya menjalani pendidikan di Akmil Magelang. Selain itu anaknya, juga tinggal di Kulonprogo sebagai salah satu perwira. Rencananya formulir pendaftaran ini akan dikembalikan pada Jumat (7/1) mendatang berikut kelengkapan administrasi yang lain.

“Kulonprogo penuh tantangan, karena memiliki mega proyek yang telah digagas pak Toyo (bupati),” ujarnya.

Sebagai salah satu kandidat, Endang menyerahkan sepenuhnya dengan mekanisme yang ada di partai. Termausk arah koalisi dan tahapan yang harus dilakukannya.

Sebelum Endang Darmawan datang, Suripto juga melakukan silaturahmi dengan pengurus partai berlambang moncong putih. Suripto, menyatakan tertarik untuk menjadi wakil bupati dari PDIP. Hanya saja karena PDIP membuka wakil dirinya sadar diri.

Bersamaan dengan ini, cabup dari Partai Golkar Suprapto, juga sempat datang. Hanya saja Suprapto yang jugadikawal tim suksesnya hanya beberapa enit saja. Dia juga tertarik untuk melakukan komunikasi dan silaturahmi.

Ketua Panitia Pemilukada PDIP Kulonprogo, Umar Sriyanto mengatakan, pendaftaran akan dibuka hingga Sabtu (8/1) mendatang. Menurutnya pendaftaran terbuka bagi siapa saja asalkan memenuhi persyaratan. Dibukanya pendaftaran tidak hanya bagi tiga orang yang pekan lalu telah melakukan wawancara yakni Endang Darmawan, Zuhadmono Azhari, dan dr Hasto Wardoyo.

“Semua masih mungkin, sepanjang memiliki komitmen dan siap mengikuti mekanisme yang ada,” jelas Umar Sriyanto.

Sekretaris Panitia Pemilukada PDIP Kulonprogo, Bambang Sumbogo mengatakan sesuai hasil musyawarah cabang (muscab) PDIP hanya akan mengusung calon bupati. Dari nama-nama yang mendaftar akan dibawa pada rakercab untuk dimintakan rekomendasi kepada DPP.

Namun, sangat mungkin PDIP mengusung paket atau pasangan cabup dan cawabup. Sesuai hasil pilkada, PDIP memiliki tujuh wakil di DPRD dan bisa mengusung andiri tanpa koalisi.

“Memang arah kita hanya cabup, tetapi hasil akhir akan melihat perkembangan politik,” tegasnya. Para calon yang ada sendiri memiliki peluang yang sama untuk maju. Semuanya tergantunghasil rakercabsus, dan rekomendasi dari DPP. (fiz)


Tinggalkan komentar