Kulonprogonews's

Beranda » Budaya » Dewan Desak Perbaikan Keamanan Obyek Wisata

Dewan Desak Perbaikan Keamanan Obyek Wisata

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

Follow Kulonprogonews's on WordPress.com

Indah : Keindahan obyek wisata waduk Sermo banyak mengundang pengunjung. Perahu wisata menjadi salah satu daya tarik wisatawan

*Tahun Baru, banyak Kasus Kecelakaan

KULONPROGO – Komisi IV DPRD Kulonprogo mendesak Dinas Kebudayaan Pariwiata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) untuk menambah fasilitas dasar di obyek wisata. Menyusul tragedi kecelakaan di beberapa obyek wisata yang menelan korban jiwa pada rangkaian tahun baru.

Anggota Komisi IV, Widiyanto mendesak untuk dilakukan penataan terhadap pohon-pohon pelindung yang ada di obyek wisata waduk Sermo. Pohon sengon laut yang ada rawan patah dan tumbang. Terbukti sudah ada pengunjung obyek wisata yang tewas dantertimpa pohon.

Idealnya, pohon sengon laut ini dipotong dan kayunya untuk dijual. Hasil penjualan ini bisa digunakan untuk mengganti tanaman baru yang lebih kuat. Jika tidak, bisa digunakan untuk menambah sarana prasaran untuk menarik wisatawan berkunjung.

“Obyek waduk Sermo butuh tanaman keras seperti akasia, disamping penambahan sarana pendukung,” desa politisi Partai Golkar ini.

Penanaman pohon yang ada di Sermo, kata dia, dilakukannya kala dia menjadi kades Hargowilis. Saat itu alasan penanaman sengon karena pertumbuhannya yang cepat. Namun karena waduk butuh penghijaun dan vegetasi alam, sudah saatnya diganti tanaman lain yang lebih kuat.

“Komplek waduk ini baru 30 persen yangditanami pohon, ini masih perlu ditambah,” jelasnya.

Sekretaris Komisi IV, Muhyadi lebih menyoroti obyek wisata Pantai Glagah yang menjadi andalan wisata di Kulonprogo. Menurutnya, selama 2010 ini tercatat ada 9 korban jiwa yang tenggelam. Hal ini tidak lepas dari lokasi posko tim sar yang jauh dari bibir pantai.  Idealnya, personil yang ada ditempatkan disekitar pantai agar bisa bertindak jika terjadi ancaman laka laut.

“Kita minta Disbudparpora, lebih melakukan koordinasi dengan kantor Kesbanglinmas yang secara structural menangani SAR,” desak Muhyadi.

Politisi PKS ini, juga mengharapkan adanya penambahan sarana prasaran pendukung tim SAR. Sebab dari informasi dan laporan yang ada, sarana yang dimiliki sangat terbatas.

Anggota Komisi IV yang lain, Kasdiyono minta dilakukan penambahan kebutuhan dasar untuk pengunjung. Selama ini kebutuhan dasar yang ada masih sangat minim, mulai dari kamar mandi, maupun jaminan pengamanan.

Kasus tenggelamnya anak di laguna saat tahun baru merupakan bukti konkrit, lemahnya pengawasan tim SAR yang bertugas mengamankan pantai. Semestinya, laguna tersebut diberikan penanda kedalaman, agar anak-anak tidak melampaui batas-batas rawan.

“Menjual obeyk wisata harus diikuti hak-hak bagi pembeli dan kenyamanan,” tutur politisi PAN ini.

Kepala Disbudparpora Sarjana, berjanji akan menindaklanjuti masukan yang diberikan oleh Dewan. Penggantian vegetasi di Sermo akan diupayakan melalui belanja APBD perubahan 2011 mendatang. Sedangkan untuk Pantai Glagah akan dikomunikasikan dengan Kesbanglinmas.

“Sebenarnya kita sudah pasang rambu dan larangan untuk mandi di laut,” ujarnya. (fiz)


1 Komentar

  1. abdul ghofur mengatakan:

    Yth. Kulonprogo News,

    Kami sebuah perusahaan yang membuat kerajinan dari bahan sampah kering yang ditemukan di pinggir pantai.

    Saya yakin anda mempunyai akses ke penduduk setempat yang dapat memungut sampah kayu kering yang idah, lengkung dan lain lain, kami berminat untuk menjalin kerjasama dan membeli nya.

    Jika bapak ada kenalan kelompok masyarakat lokal yang dapat bekerja sama dengan kami, mohon hubingi kami :
    Bpk. Abdul Ghofur
    Ungaran-Semarang
    HP: 081390396446

    Terima kasih,
    Ghofur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: