Kulonprogonews's

Beranda » Budaya » Kurbankan 3 Sapi dan 7 Kambing

Kurbankan 3 Sapi dan 7 Kambing

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

Follow Kulonprogonews's on WordPress.com

KULONPROGO-Hari raya kurban kali ini dilaksanakan berbeda. Pasalnya, ada dua versi penentuan hari raya Idul Adha. Di Kulonprogo, untuk pelaksanaan shalat Idul Adha pada hari Selasa (16/11) diikuti oleh Wakil Bupati Mulyono di alun-alun Wates. Dengan imam H. Jumarin, dan khotib H. Sholikul Hadi. Sedangkan Bupati Kulonprogo, Toyo S Dipo, mengikuti shalat Idul Adha di Masjid Jami’ pada hari Rabu (17/11) besok dengan imam H. Hasyim dan khotib H.Gozali Burhan.

Dalam kurban tahun ini, Bupati Toyo S Dipo mengorbankan 1 ekor sapi yang akan di sembelih di Pondok Pesantren Assomadiyah Bapangan desa Karangsewu kecamatan Galur dan akan dibagikan ke 9 lokasi berbeda. Wakil Bupati, Mulyono, menyerahkan 7 ekor kambing yang diserahkan ke 7 lokasi berbeda. Sedangkan Sekda Kulonprogo, Budi Wibowo, menyerahkan 1 ekor sapi yang akan dibagikan ke 8 lokasi berbeda diantaranya di masjid Baiturahman di Clapar III desa Hargowilis kecamatan Kokap, Panti Asuhan Ash Shiddiqiyah kecamatan Kokap, dan Pondok Pesantren Nurul Hasan. “Ada juga sapi pemberian dari Gubernur satu ekor, yang akan diberikan kepada warga yang mengajukan proposal,”ujar Kabag Kesra Pemkab Kulonprogo Eko Wisnu Wardhana.

Terpisah, Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan Sabar Widodo mengatakan untuk penyembelihan hewan kurban pihaknya menyiapkan tim pemantau dan pemeriksaan kesehatan hewan. Nantinya, setiap lokasi penyembelihan hewan kurban akan didatangi oleh tim tersebut. Sabar mengungkapkan, kerap ditemui kerusakan hati pada sapi. Sehingga adanya tim ini juga bertugas mengawasi proses pembersihan hewan kurban. Selain itu, juga menghimbau kepada warga untuk mencermati adanya endapan abu vulkanik di bagian rumen karena banyak ternak yang memakan rumput yang terkena hujan abu. “Kita juga dibantu oleh mahasiswa kedokteran hewan dari UGM Jogjakarta. Bagi warga dihimbau untuk mencuci bersih bagian rumen yang ada endapan abu vulkaniknya,”ujarnya.(ren)

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: