Kulonprogonews's

Beranda » Pemerintahan » Pers Miliki Peran Strategis Dalam Pembangunan *PWI Cabang Yogyakarta Audiensi dengan pemkab Kulonprogo

Pers Miliki Peran Strategis Dalam Pembangunan *PWI Cabang Yogyakarta Audiensi dengan pemkab Kulonprogo

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

Follow Kulonprogonews's on WordPress.com
KULONPROGO  – Pers memiliki peranan yang strategis dalam kebijakan pembangunan di Kulonprogo. Kritikan tajam yang keram muncul, menjadi salah satu penyeimbang dan evaluasi terhadap laju pembangunan.

“Kita harus akui peran pers sangat dibutuhkan oleh pemerintah untuk menyebarkan informasi,” jelas bupati Kulonprogo Toyo Santoso Dipo saat menerima audiensi Persatuan wartawan Indonesia (PWI) cabang Yogyakarta, kemarin.

Menurut bupati, betapa gencarnya  pembangunan dan kebijakan yang dilakukan tidak akan tersampaikan secara maksimal di masyarakat jika tidak ada pers. Pers merupakan salah satu media penyebar informasi yang paling efektif. Bisa dibayangkan jika wartawan mogok tidak menulis, akan memunculkan biaya yang cukup besar untuk menyebarkan suatu kebijakan.

Di Kulonprogo, kata bupati, hubungan antara pers dengan pemerintah sudah terjalin cukup baik. Kendati demikian wartawan tetap bisa bersikap professional dalam membuat berita. Tidak hanya berita positip, namun juga berita negatif sebagai kritik social.

“Sepanjang ada faktanya jelas, seburuk apapun silahkan ditulis. Itu akan menjadi kritik yang akan dijadikan dasar evaluasi,” kata Toyo.

Sementara itu ketua PWI Yogyakarta Sihono mengatakan kedatangan ke Kulonprogo merupakan ajang silaturahmi, kepengurusan baru PWI yogyakarta periode 2010-2015. PWI siap menjalin kerjasama dengan pemkab dalam hal pendidikan jurnalistik. Sebab banyak orang alergi jika berhubungan dengan wartawan.

PWI, imbuh Sihono, juga siap memberikan diklat jurnalistik kepada SKPD ataupun sekolah-sekolah dan para guru. Kerap para guru terkendala dalam hal penulisan karya tulis. Berbekal kemampuan dan pengalaman yang ada, PWI akan membantu memecahkan masalah tersebut.

“Kemitraan yang sudah terjalin, senantiasa harus dilanutkan dan dibangun agar lebih baik,” jelasnya.

Pada kesempatan ini, Sihono juga memaparkan rencana kegiatan pekan olahraga wartawan daerah (Porwarda) tingkat Provinsi DIY yang akan dilaksanakan pada 3-5 Desemeber mendatang. Setidaknya ada sepulh cabang olahraga yang akan dipertandingkan. Kontingen kabupaten Kulonprogo sendiri berencana mengikuti tujuh cabang olahraga yang ada. (fiz)

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: