Kulonprogonews's

Beranda » Ekonomi » Kulonprogo Siapkan 850 Ribu Bibit Tanaman

Kulonprogo Siapkan 850 Ribu Bibit Tanaman

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

Follow Kulonprogonews's on WordPress.com

 

KULONPROGO – Pemerintah Kabupaten (pemkab) Kulonprogo mentargetkan mampu memproduksi 850 ribu bibit tanaman keras untuk program penanaman satu juta pohon perbaikan lahan. Bibit ini akan dihasilkan oleh 17 unit kebon bibit rakyat (KBR) yang tersebar di tujuh kecamatan.

Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Bambang Tri Budi Harsana, mengatakan setiap KBR ini minimal harus menghasilkan 50 ribu bibit. Setiap KBR mendapatkan kucuran dana dari pemerintah sebanyak Rp 50 juta untuk pengadaan benih rakyat ini.  Rencananya benih yang dihasilkan akan digunakan oleh masyarakat yang ada di sekitarnya.

“Ini merupakan program untuk mendukung gerakan satu juta pohon hidup, yang dicanangkan bupati,” jelasnya.

Selain benih yang dihasilkan, di Kulonprogo masih akan ada sejumlah benih lain yang akan didatangkan, Diantaranya dari Dana DAK dengan target 45 ribu benih, BPDAS Provinsi, 160 ribu benih dan CSR dari Bank pasar sekitar 19 ribu bibit. Total bibit yang ditanam akan mencapai 1,21 juta benih.

“Melihat jumlah ini, dipastikan akan tercapai kalau hanya menana satu juta pohon hidup,” tutur Bambang.

Bupati Kulonprogo Toyo santoso Dipo, mengatakan gerakan penanaman benih pohon ini diarahkan untuk perbaikan lahan dan ancaman degradasi lahan. Banyaknya penebangan pohon, telah banyak mengakibatkan tanah longsor. Bahkan cuaca ekstrem merupakan salah satu dampak nyata yang timbul.

“Kedepan Kulonprogo harus menjadi sentral benih dan bibit seperti Magelang dan Purworejo,”tegasnya.

Bupati juga berharap dalam melakukan penanaman pohon jangan hanya mengandalkan bantuan. Namun harus memiliki kesadaran yang tinggi dari setiap warga masyarakat. Adanya penanaman pohon, juga bisa menjadi program pemberdayaan disamping menambah ekonomi keluarga.

Sebelumnya, bupati secara simbolis menyerahkan tujuh unit kendaraan roda kepada para petugas penyuluh lapangan dan pengawas hutan. (fiz)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: