Beranda » Ekonomi » PT JMI Siap Tambang Kolam Pelabuhan

PT JMI Siap Tambang Kolam Pelabuhan

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 15 pengikut lainnya.

Follow Kulonprogonews's on WordPress.com

Pro kontra : warga petani pesisir mendatngi pilot project

KULONPROGO – Rencana pembangunan kolam pelabuhan Tanjung Adikarta, akan diintegrasikan dengan rencana penambangan pasir besi. PT Jogja Magasa Iron (JMI) siap unuk melakukan penambangan di kawasan ini terlebih dahulu. Apalagi sebagian luasan kolam pelabuhan masuk dalam dokumen kontrak karya.

General Manager PT JMI, Mochsen Alhamed menuturkan PT JMI akan membangun pilot plan II penambangan pasir besi di Karangwuni, Wates. Pilot plan II ini, akan menjadi pusat studi dan percontohan penambangan hingga reklamasi lahan. Nantinya semua tahapan bisa dilihan dan disaksikan oleh masyarakat, agar tahu cara dan prosedur penambangan yang akan dilakukan.

Pilot project ini akan menempati lahan seluas 20 hektar. Sebanyak 6 hektar lokasi kantor dan 14 hektar untuk ujicoba penambangan. Saat ini petani penggarap sudah menrima ganti untung 20% dari nilai yang disepakati. Mulai dari tanah, tanaman, infrastruktur dan beberapa material lain.

”Pembayaran tahap dua tinggal menunggu agremen di notaris. Semuanya sudah dihitung dan selesai,” jelasnya disela presentasi rencana pembangunan pilot plan II, di Gedung Joglo Komplek pemkab kemarin.

Menurutnya, pembangunan pilot plan sendiri, diharapkan sebelum akhir jabatan Toyo santoso Dipo sebagai bupati. Sebelum peletakan batu pertama, warga penggarap akan menerima pelunasan atas tanah garapan yang disewa.

PT JMI, kata dia, juga siap untuk menangani permasalahan infrastruktur yang akan rusak. Khususnya ancaman kerusakan jalan sebagai dampak dari mobilitas alat berat. PT JMI akan memperbaiki jalan yang ada dengan disinkronkan dengan program pemerintah.

”JMI siap perbaiki sarana fisik dan infrastruktur yang rusak,” ujarnya.

Bupati Kulonprogo Toyo Santoso Dipo, mendukung baik adanya rencana pembangunan ini. Ini akan menjadi jawaban atas keresahan warga yang belum bisa menerima adanya rencana penambangan pasir besi. Masyarakat nanti bisa melihat proses, sekaligus mengawasi proses reklamasi lahan.

Menurutnya, dari presentasi yang ada, PT JMI juga siap mendukung pembangunan pelabuhan ikan.  Termasuk melakukan penambangan di kolam pelabuhan seluas 3,1 hektar yang masuk dalam kontrak kerja. Sedangkan sekitar 2,9 akan dibicarakan lebih lanjut.

”Itu akan diintegrasikan biar efektif,” jelas Toyo.

Ketua Tim Konsultan Amdal PT JMI, Bambang Agus Suripto menuturkan saat ini penelitian non sosial sudah masuk dalam laboratorium. Penelitian sendiri membutuhkan waktu hingga empat pekan. Dari sana akan dijadikan bahan penulisan, terkait amdal dari penambangan.

Keberadaan pilot plant, sebenarnya akan memudahkan dalam penyusunan UKL/UPL penambangan. Masyarakat bisa melihat dan menyaksikan proses yang ada. Cara ini bisa menjadi tempat sosialisasi langsung.

”Kekhawatiran warga ini bisa hilang, kalau melihat prosesnya,” terangnya. (fiz)

About these ads

2 Komentar

  1. Mas Suradi mengatakan:

    Bagaimana melindungi resapan air laut masuk kebawah daratan, yang sangat membahayakan daratan itu sendiri karena bisa turun daratan itu, seperti halnya mengambil air tanah besar-besaran.
    Dapatkan kita melihat animasi proses penambangan itu, agar jelas dampak positif dan negatif kita sayang Kulon Progo.

  2. yanto haryanto mengatakan:

    tentunya mereka para ahli di bidangnya pasti lebih tahu dampak jeleknya serta antisipasinya ….. yg perlu ditekankan kita masih punya anak cucu yang nanti juga pingin menikmati indahnya alam ,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: